PENTINGNYA KREATIVITAS LITERASI DAN NUMERASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA RAWANG BARU

Dewi Astuti, Nova Eliza Silaen, Sonia Elfia Tama, Sindy Purnama Sari, Putri Balqish, Annanda Rezky Elizar, Febby Putri Wahyono, Suci Wulandari, Titin Nadya, Ayu Artika Sari Siagian, Putri Diah Andarwati

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dasar atas rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 015860 Desa Rawang Baru . Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi serta mengembangkan budaya literasi numerasi siswa. Bentuk kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan program kegiatan pojok baca, membuat mading, penambahan jam pembelajaran materi literasi dan numerasi di sekolah.Program pengabdian dilakukan secara kolaboratif oleh kelompok dosen dan mahasiswa di SDN 015860 Desa Rawang Baru selama 12 hari dari tanggal 18 September – 30 September 2023. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas 1- 6 untuk kegiatan pojok baca , membuat mading dan penambahan jam pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan melalui beberapa tahapan yaitu Observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pengabdian yang diperoleh adalah meningkatnya kemampuan literasi siswa kelas 1-6 dan pengimplementasikan budaya literasi pada siswa di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Kreativitas, Literasi, Numerasi

 ABSTRACT 

This service activity was carried out based on the low literacy and numeracy skills of students at SDN 015860 RawangBaru Village. This service aims to improve literacy and numeracy skills and develop students' numeracy literacy culture. This form of service activity is carried out through a reading corner activity program, making wall panels, increasing learning hours for literacy and numeracy material at school. The service program was carried out collaboratively by a group of lecturers and students at SDN 015860 Rawang Baru Village for 12 days from 18 September–30 September 2023. The subjects of this service were students in grades 1-6 for reading corner activities, making wall panels and additional learning hours. Implementation of activities goes through several stages, namely observation, implementation and evaluation. The results of the service obtained are increasing the literacy skills of students in grades 1-6 and implementing a culture of literacy among students in the school environment.

 

Keywords : Creativity, Literacy, Numeracy


Full Text:

PDF

References


Ainanda, D. A., Hidayat, M. T., Hartatik, S., & Nafiah, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Numerasi Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Rungkut Menanggal I Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 440–449. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1244

Borrego, A. (2021). pengembangan media pembelajaran fun thinkers book berbasis numerasi untuk kemampuan literasi numerasi siswa kelas II Sekolah Dasar. 10, 6.

Burns,M.S.,Griffin,P.,& Snow,C.E.(Eds.).(1999).Starting Out Right: A Guideto Promoting Children's Reading Success. National Academies Press.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Dits Prasanti, D. R. F.(2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas,2(1),15.

Hidi, S., & Anderson, V. (1992). Situational interest and its impact on reading and expositorywriting. In K. A. Renninger, S. Hidi, & A. Krapp (Eds.), The Role of Interest in Learning and Development (pp. 215-238).Lawrence Erlbaum Associates. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Lia, D.N.Nina, N. Delrefi,D.(2016).Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.:Jurnal Ilmiah Potensia,1 (2) 62.

Merriam,S.B.,&Tisdell,E.J.(2016).Qualitative Research : A Guide to Design and Implementation.Jossey-Bass.

Nieto,S.(2002).Language, Culture, and Teaching : Critical Perspectives for a New Century.

Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. (2017). Membaca Kritis dan LiterasiKritis. Tangerang: Tira Smart.

Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool. Unpublished dissertation, Florida State University. Routledge.

Zurriat, N.R. (2019). Upaya Peningkatan Literasi Bagi Masyarakat Desa Sukowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2) 52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.