MENGENALKAN LITERASI DAN NUMERASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR

Wan Nurul Atikah Nasution, Eva Margaretha Saragih, Fauzan Aqbal Damanik, Syarifah Aini, Isma Wahyuni Sinaga, Septi Triyani, Umu Zanah, Sri Aini Hartati, Sri Lestari Dewi Utami, Nadiah Nadiah, Annisya Maiyana, Novi Sri Ramadhani

Abstract


ABSTRAK

Program pengabdian yang dilakukan di Desa Bunut Seberang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan yaitu engenalkan literasi dan numerasi pada anak usia dini melalui media gambar di TK Alghifari Desa Bunut seberang sebagai bentuk peningkatan mengenal huruf abjad dan angka. Kegiatan mengenalkan literasi dan numerasi secara tidak langsung untuk menarik minat siswa-siswi untuk lebih giat belajar dan dengan menggunakan media gambar ini dapat lebih cepat untuk menangkap huruf-huruf atau angka yang telah disediakan. Media gambar juga sangat penting bagi pendidik khususnya guru karena dapat melatih kemampuan dan kreatifitasnya dalam mengajar sehingga siswa-siswi tidak merasa bosan dan pembelajaran tidak monoton. Tujuan dari program kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada guru supaya dapat menggunakan media-media menarik ketika mengajar,khususnya media gambar yang telah dilakukan oleh tim program KKNT MBKM Universitas Asahan.

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Gambar, Literasi dan Numerasi.

 

ABSTRACT

The service program carried out in Bunut Across Village, Pulo Bandring sub-district, Asahan Regency, is to introduce literacy and numeracy to early childhood through picture media at the Alghifari Kindergarten in Bunut Across Village as a form of increasing recognition of letters of the alphabet and numbers. The activity introduces literacy and numeracy indirectly to attract students' interest in studying more actively and by using image media they can more quickly capture the letters or numbers that have been provided. Image media is also very important for educators, especially teachers, because it can train their skills and creativity in teaching so that students do not feel bored and learning is not monotonous. The aim of this activity program is to provide an overview for teachers so that they can use interesting media when teaching, especially image media which has been carried out by the MBKM KKNT program team at ASAHAN UNIVERSITY.

Keywords: Early Childhood, Image Media, Literacy and Numerac


Full Text:

PDF

References


Amalia Yunia Rahmawati. (2020). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.

Amir, A. (2016). Jurnal eksakta volume 1, 2016 1. Eksakta, 2(1), 34–40.

Indah, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Nafisah, D., Rachma, E. A., & Nurdiana, R. (2023). ISSN 2964-3686 Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Literasi Numerasi Sejak Dini Pada Guru di KB TK Tunas Sumber Jaya. 1(2), 58–65.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77.

Siregar, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkakan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 3(4), 715–722.

Usmann. (2013). Media Gambar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.