PEMBENTUKAN SANGGAR LITERASI SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN BAKAT PEMUDA-PEMUDI DI DESA AIR GENTING
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk pembentukan sanggar literasi sebagai wadah pengembangan bakat dan minat pemuda-pemudi di Desa Air Genting, khususnya di bidang sastra dan seni budaya. Dengan terbentuknya sangar literasi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pemuda-pemudi yang ada di Desa Air Genting untuk mengasah bakat dan minat mereka pada bidang musikalisasi puisi, drama teater, dan seni tari budaya. Kegiatan ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan pelatihan kepada pemuda-pemudi yang telah memilih minat mereka masing-masing, sehingga pemahaman dan kualitas diri dalam bidang sastra serta seni budaya dapat terarah dan meningkat lebih baik. Hasil yang diharapkan dari pembentukan sanggar literasi ini adalah sebagai tempat penyelenggaraan dan pelatihan untuk pemuda-pemudi Di Desa Air Genting dan menumbuhkan rasa percaya diri saat tampil di depan umum sesuai dengan pemahaman dan kreativitas yang mereka miliki khususnya di bidang musikalisasi puisi, drama teater, dan seni tari budaya.
Kata Kunci : Sanggar Literasi, Puisi, Drama, Seni Tari Budaya
Full Text:
PDFReferences
Anggakarti, D. M., Farid, R., Benyamin, M. F., & ... (2022). Pelaksanaan Program Penelitian Implementasi Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS. …, 2, 9–18. http://journal.widyatama.ac.id/index.php/visualideas/article/view/853%0Ahttps://journal.widyatama.ac.id/index.php/visualideas/article/download/853/650
Bahri, M. A. D. Q. (2020). Game Edukasi Pengenalan Seni Tari Budaya Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18.
Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12 (2), 114–125. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114
Iriani, P., Suprianti, Y., Susilawati, & Syafitri K, A. (2020). Pembuatan Taman Bacaan Sebagai Upaya Peningkatan Minat Literasi Anak-Anak Dan Remaja Kampung Cisaroni - Desa Cikahuripan Lembang. Jurnal DIFUSI, 2(1), 49. https://doi.org/10.35313/difusi.v2i1.1813
Kecamatan, L., Tangah, K., Padang, D. A. N., & Kota, U. (2019). Laporan akhir pengabdian. 1–8.
Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.
Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar melalui Ekstrakurikuler. Bintang: Jurnal Pendidikandan Sains, 2(2), 230–243.
Milawati, T. (2011). Peningkatan kemampuan anak drama dan menulis teks drama melalui model pembelajaran somatis auidtiri visual intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 70–78.
Satria, I. G., Wibawa, A., Artika, I. W., & Artawan, I. G. (2022). Musikalisasi Puisi : Kajian Proses Kreatif Teater Kemuning di SMA Negeri 2 Mendoyo. 4 (April), 350–362.
Siswanto, W. (n.d.). Hakikat dan Aktivitas Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia. Repository.Ut.Ac.Id, 1–28. http://repository.ut.ac.id/4760/1/PBIN4214-M1.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.