Perbandingan Perhitungan Tebal Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Dinamic Cone Penetrometer (Dcp) Dan Tes Pit Di Aek Godang-Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal

Endriyaman Zai, Junaidi Siahaan, Muhammad Irwansyah

Abstract


Ketika infrastruktur jalan digunakan secara berkelanjutan, kualitas layanannya akan terus menurun seiring dengan usia penggunaannya. Struktur konstruksi perkerasan jalan dengan perencaan sub-grade (tanah dasar) atau urugan secara keseluruhan mempunyai daya dukung (CBR) yang seragam, lapisan sub-base sebagai fondasi bagian bawah dan lapisan base sebagai fondasi bagian atas.[1]. Penelitian ini membahas tentang perbandingan perhitungan tebal perkerasan jalan dengan menggunakan dinamic cone penetrometer (DCP) Dan tes pit di Aek Godang-Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan hasil penelitian bahwa  metode DCP diperoleh hasil CBR dengan mencari kepadatan tanah dasar memiliki hasil desain 6 cm dengan ketebalan jalan 19 cm. metode Tes Pit berdasarkan hasil dari pemadatan lapisan perkerasan Jalan memiliki hasil desain 5 cm dengan hasil tebal setelah pemadatan memiliki 6 cm. metode DCP dan Tes Pit Memiliki kesamaan untuk menghitung tebal jalan dengan menggunakan Metode AASTHO 1993

Full Text:

PDF

References


B, Istianto., (2019). “Transportasi Jalan di Indonesia Sejarah

dan Perkembangannya,” Melvana Publishing, Depok, Jawa Barat

Sukirman, S. (2010). “Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan

Lentur”. Bandung.

Haryati Nina. (2022). “Analisa Daya Dukung Tanah Dasar (Sub

Grade) di Kecamatan Wolowa Dususn Waole I Jalan Kaulea

Menggunakan Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer)”. Jurnal

Media Inovasi, Vol. XI, No. 2, 89-97

Iqbal, M. (2021). “Evaluasi Kerusakan Dini Pada Lapis Tambah

Dan Umur Sisa Perkerasan Menggunakan Metode Aashto 1993

Pada Ruas Jalan Diponegoro Klaten–Solo.” Tugas Akhir,

Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

P, R, Nahak., Cahyo, Y., and Winarto, S., (2019). “Studi

Perencanaan Tebal Perkerasan Konstruksi Jalan Raya Pada Ruas

Jalan Umasukaer Di Kabupaten Malaka”. JURMATEKS, Vol. 2, No.

, 75-85




DOI: https://doi.org/10.36294/batas.v3i2.4329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS)

Program Studi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 08116238200 - 081370812552

E-Mail : batasjurnal@gmail.com

Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License