PELATIHAN DAN BIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PADA GURU-GURU SMP NEGERI 1 TINGGI RAJA

Oktaviana Nirmala Purba, Eva Margaretha Saragih

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupaya untuk membantu mereka dalam penguasaan penulisan karya ilmiah, dalam penelitian survei. Kegiatan ini bertujuan 1) terlaksananya pengabdian berupa pelatihan penelitian survei bagi guru-guru di SMP Negeri 1 Tinggi Raja kebupaten Asahan dan 2) terlaksananya pengabdian berupa pendampingan penelitian survei bagi guru-guru SMP 1 Tinggi Raja kebupaten Asahan. Peserta pelatihan adalah guru-guru SMP Negeri 1 Tinggi Raja sebanyak 50 orang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan tahap demi tahap yakni: 1) tahap persiapan administrasi dan penyampaian informasi, 2) tahapan presentasi dan diskusi materi, 3) tahapan pelatihan kelas dan pendampingan, 4) tahapan pembuatan proposal mandiri pendampingan, 5) tahapan review proposal mandiri, 6) tahapan revisi dan penyerahan proposal mandiri, dan 7) tahapan evaluasi program kegiatan.  Hasil kegiatan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) kegiatan pelatihan penelitian survei bagi guru-guru SMP Negeri 1 Tinggi Raja terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan tingkat partisipasi kehadiran peserta dan 2) kegiatan pendampingan dalam membimbing para guru membuat proposal penelitian survei terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan jumlah proposal yang dihasilkan mencapai 80% dari peserta pelatihan.

 

Kata Kunci --guru SMP, karya ilmiah, dan penelitian survei


Full Text:

PDF

References


] Babang Robandi. 2008. Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196108141986031-BABANG_ROBANDI/Makalah_Laporan_PTK_Babang.pdf.

] Basrowi. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

] Endang R Winarti. 2005. Usulan Penelitian Tindakan Kelas: Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Media Kartu dan Poster dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SD Sekaran 01 Semarang. Semarang: Unnes.

] Mills G. E. 2000. Action Research: Guide for the Teacher Researcher. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196005051986032JUHANAINI/PENELITIAN_TINDAKAN_kELAS.pdf.

] Suyono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Lampung: FKIP Universitas Lampung.

] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Setjen Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.