IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAS DARUL FALAH

Oktaviana Nirmala Purba, Sri Rahmah Dewi Saragih, Indah Purnama Sari, Nurul Syahriani, Raihana Tresna Suciati, Devi Fachraini Susmita, Sheril Maharani

Abstract


Program Pemberdayaan Kemitraan Masyaraat  dilakukan peneliti di MAS Darul Falah Kec.Aek Songsongan. Setelah tim PKM melakukan observasi langsung ke MAS Darul Falah Kec.Aek Songsongan, ditemukan berbagai bentuk permasalahan mitra, khususnya dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif pembelajaran yang mampu menjadikan guru lebih menunjukkan karya melalui LKPD yang dibuat sehingga siswa yang bosan menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, salah satunya solusi dengan menggunakan media pembelajaran digital book menggunakan kvisoft flipbook maker yang dapat digunakan oleh guru, dosen dan kalangan pengajar, sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Dengan adanya fitur ini mampu memudahkan peserta didik ketika akan memahami materi terkait dengan video teknologi dalam dunia diera digital saat ini. Melalui flipbook dapat mengembangkan ketrampilan dan kreativitas pengajar dalam membuat bahan ajar LKPD. Hal ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari hasil pengembangan bahan ajar LKPD diintegrasi digital book menggunakan aplikasi flipbook serta respon dan tanggapan siswa dalam menggunakan aplikasi flipbook. Target khusus yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah peningkatan ketrampilan guru MAS Darul Falah dalam mengembangkan pembelajaran menggunakan Android dan internet, pengoptimalan sekolah sebagai wahan mengembangkan salah satu literasi yatu literasi digital. Kegiatan pada tahap implementasi ini masuk dalam kegiatan ketrampilan yang dilakukan oleh tim pelaksana PKM di sekolah mitra yakni MAS DArul Falah Aeksongsongan. Kegiatan implementasi ini dilakukan secara berkelanjutan, hingga dapat dirasakan tidak hanya oleh para guru, namun juga oleh para siswa. Setelah dilakukan implementasi kelapangan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru dalam mengimplementasikan Media Pembelajaran digital book sebesar 87,78%.

 

Kata kunci--Digital Book, Kvisoft Flipbook Maker, LKPD


Full Text:

PDF

References


Fahmi, S., & Priwantoro, S. W. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Istigfar, A. M., Wijaya, M., & Nurmila, N. 2018. Pengaruh Multimedia Ncesoft Flipbook Maker Pada Materi Pembelajaran Pengendalian Gulma Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Atph Smk Negeri 1 Bone-Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 1 (66).

Yayi, F. P., & Yuliana, A. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahapeserta didik Teknik Mesin. 04(September), 1–10

Suyasa, P. W. A., Gede, D. & Divayana, H. 2018. Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Berbasis KVisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendididkan Teknologi dan Kejuruan.. 15(2), 222–233


Refbacks

  • There are currently no refbacks.