PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP UNDANG-UNDANG ITE DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YANG BAIK DAN BENAR DI BALAI DESA DAHARI INDAH

Emiel Salim Siregar, Dicky Apdillah, Harmayani Harmayani, Zaid Afif, Apriyanto Zebua, Sri Salwa, Khairani Amalia Simbolon, Muhammad Dias Bactiar Nst, Wahyu Solihin Putra Anugrah Nst

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Dahari Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara pada bulan Mei hingga Juni 2023. Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi sosialisasi dan penelahaan persepsi masyarakat terhadap Undang-undang ITE dalam menggunakan media sosial yang baik dan benar. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi sosialisasi penyuluhan hukum terhadap Undang-Undang ITE dalam penggunaan media sosial yang baik dan benar bagi masyarakat desa Dahari Indah bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan, membentuk karakter anti narkoba, perubahan kesadara diri untuk menjauh dari teman yang menyalahgunakan pengguna media sosial dari hal yang negatif, serta terbentuknya karakter pemuda yang anti terhadap penyalahgunaaan media sosial di Desa Dahari Indah, KecamatanTala, Kabupaten Batubara. Sedangkan persepsi masyarakat terhadap Undang-undang ITE dalam menggunakan media sosial yang baik dan benar di Desa Dahari Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara adalah baik 

 

Kata Kunci: Persepsi, UU ITE, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Elan, Ampuan, S dan Junimart, G. 2022. Efektivitas Undang-undang ITE dalam Menangani Ujaran Kebencian MElalui Media Sosial di Kota Batam. Universitas Internasional Batam. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 10 No. 3.

Nugraha, A. B dan Nani, M. Peran UU ITE dalam Membangun Kesadaran Hukum Menggunakan Media Sosial di SMK Negeri 3 Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 8, No. 5. Hal 1233 – 1242.

Nurhalimah, S. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Peisisr (Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Manejemen Waktu Mahasantri di Ma’had AL-Jami’ah IAIN Kendari). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Deepublish. Yogyakarta.

Sholiha, S. F. 2015. Tingkat Ketergnatungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. Interaksi. Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (1). Hal. 1 – 10.

Susilawati, E. Y. dan Irpan. 2022. UU ITE Siap Menjerat Pengguna Media SOsial yang Tidak Bijak. Fakultas Hukum UNISRI. DOI: 10.33061.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.