Sosialisasi Prokes Pasca Pandemi Covid-19 di Yayasan Panti Asuhan RAHPIA Medan

Holfian Daulat Tambun Saribu, Januardin .

Abstract


Sosialisasi Protokol Kesehatan (prokes) pasca pandemi Covid-19 adalah sebagai akibat ketidakpastian pandemi covid-19 yang terjadi. Kadang penyebaran Covid-19 meningkat tinggi, tapi terkadang penyebarannya terus menurun drastis. Pengabdian kepada masyarakat kali ini merasa perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka mendukung tugas pemerintah pusat maupun di daerah akan perlunya kesiapan dan kewaspadaan akan kelanjutan dari pandemi covid-19.

Tujuan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Rahpia, dikarenakan sampai saat dilakukan pengabdian di sana, belum ada pernah dilakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan setelah pandemi covid-19. Panti asuhan Rahpia terletak di jalan Maju Raya No. 9B, Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Metode dalam melakukan sosialisasi adalah dengan mempresentasikan materi dan mempraktekkan langsung materi dan melakukan tanya jawab seputar materi yang disosialisasikan.

Hasil (output) dari sosialisasi Protokol Kesehatan (prokes) pasca pandemi Covid-19 adalah besarnya antusias peserta, yakni anak-anak Panti asuhan sebelum dan ketika sosialisasi dilakukan sehingga pengetahuan mereka bertambah perihal pandemi covid – 19, khususnya dalam mempersiapkan diri menghadapi pandemi yang tidak kunjung berakhir, bagaimana berperilaku dalam keseharian aktivitas mereka,di lingkungan maupun diluar panti.

Keyword: Sosialisasi, Prokes, Pasca pandemi Covid-19, Panti Asuhan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Berita Satu, edisi 31 Desember 2021, Tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia

D.Handayani, D. R. Hadi, F. Isbaniah, E. Burhan, dan H. Agustin, 2020. Penyakit Virus Corona 2019 . Jurnal Respirologi Indonesia. Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta

Departemen Sosial Republik Indonesia (2014). Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak di panti sosial asuhan anak. Jakarta : Departemen Sosial RI.

Kemenkes. (2020). Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19. Jakarta.

Kemenkes RI. 2020. Perkembangan covid-19 di Indonesia. (Feb 16th 2021).

Masrul et al., Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia (Yayasan

Kita Menulis, 2020)

Mendes RI. (2020). Protokol Relawan Desa Lawan COVID-19. Jakarta.

Promkes Kementerian Kesehatan RI dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, 2020. Covid -19. Jakarta.

Sari, Theodorin Nawang (2013) Pengaruh Tingkat Partisipasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Karyawan dalam Program Sosialisasi Nilai Baru Organisasi Penerbit dan Percetakan Kanisius. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Silitonga.E, Saragih. L. F, dan Oktavia.T.Y, 2021. Sosialisasi Penerapan 3m Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Masyarakat Kota Medan. Jurnal Adimas Mutiara, Medan.

WHO.(2020).WHO Director-General’sremarks at the media briefing on 2019-nCovon11 February 2020. Cited feb 13rd 2020. Available on https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-generals remarks-at-the-nedia-briefing-on-2019-ncov-on-11-februari-2020. (feb 12th 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.