Pengenalan Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

Vina Tri Utami

Abstract


Indonesia salah satu negara yang terdampak wabah virus covid-19, dalam proses pembelajaran dilakukan secara online atau pembelajaran jarak jauh. Aplikasi yang banyak digunakan saat pembelajaran jarak jauh ialah Zoom Meeting. Penelitian ini merupakan Pengabdian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap para siswa di SMAN 5 Palangkaraya, penelitian  ini bersifat kualitatif naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi sekolah dan penyebaran angket melalui google form. Hasil pengabdian  ini, menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Zoom Meeting tidak begitu efektif bagi para siswa di SMAN 5 Palangkaraya. Walaupun pembelejaran melalui zoom meeting kurang efektif akan tetapi aplikasi zoom meeting sangat penting digunakan pada masa pandemi covid-19 yang diantaranya dapat dirasakan yaitu praktis dan efisien dan dapat menghemat waktu pembelajaran serta mudah berkomunikasi antara guru dan siswa dibandingkan berkomunikasi melalui chat saja. Oleh karena itu dengan adanya aplikasi Zoom Meeting ini diharapkan kedepannya dapat membantu siswa dalam hal pembelajaran berbasis online dan diharapkan siswa dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan seefektif mungkin pada saat pandemi covid-19. 


Full Text:

PDF

References


A, M. M. (2020). Analisis Penggunaan Google Clasroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. Voll VIII, No 2 PP , 215-224.

Asrida Diah Putu, N. L. (2021). Pelatihan pembelajaran Daring Interaktif Dalam Upaya Memaksimalkan Proses Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal PKM. Widya Mahadi Vol 2 No 1, 127-132

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Universitas Terbuka Handayani. Diah, D. R. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jrnal Respir Indo , 2-40

Handayani. Diah, D. R. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jrnal Respir Indo , 2-40.

Herliandry, N. S. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1), , 65-70.

L Herliandry, N. N. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1),, 65-70.

Media, P. M. (2014). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING STUDENTS PERCEPTION EELEARNING IN OBSTETRICS DEPARTEMENT. Vol II , 107-114.

Nurjati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19 . Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya 3(1), 6-12.

Nurjati, S. (2002). Bab II Pembelajaran Akidah Akhlak, basis Humanstik, Pendekatan Active Learning . Vol 1, 39-104.

Purba Rakhmawati, A. S. (2020). Pembelajaran Berbasis Google Clasroom, Google Meet dan Zoom Guru SMP Negeri 2 Batu Bara . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 411-416.

[`11] Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta 10270: PT Grasindo .

Rahman, D. H. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Massa Pandemi Covid 19. vol 5, no 1 , 51-56.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidika n . J. Nompsleca, Vol 3, No 2 , 646-654.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.