PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF BAGI GURU GURU RA AL-FARIQ

Neni Mulyani*1, Zulfi Azhar2, Jhonson Efendi Hutagalung3

Abstract


Abstrak
Tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat STMIK Royal Kisaran memberikan
kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran pengenalan angka dan huruf bagi guru
guru sekolah RA Al-Fariq Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan untuk
meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan bagi guru guru di sekolah. Hal ini
dilakukan karena masih memiliki banyak kekurangan dalam menyampaikan pembelajaran ke
siswa, antara lain dalam proses belajar siswa yang hanya banyak menghafal kosakata atau
angka sehingga banyak siswa yang tidak fokus untuk belajar di karenakan cara belajarnya
kurang menarik dan menimbulkan rasa bosan dan jenuh terhadap siswa. Kegiatan ini tidak
hanya memberikan teori akan tetapi juga menggunakan aplikasi dengan cara praktek langsung
pada komputer dengan menghadirkan 3 orang dosen yang memiliki bidang ilmu komputer di
bidang sistem informasi. Hasil kegiatan ini dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan
para guru tentang pembuatan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan powerpoint.
Kata kunci: belajar, guru, media pembelajaran, pelatihan, siswa
Abstract
The STMIK Royal Kisaran STMIK community service activity team provided training
activities for making learning media for recognition of numbers and letters for RA Al-Fariq Sei
Silau Timur school teachers, Buntu Pane District, Asahan Regency to increase knowledge and
add insight to teachers in schools. This is done because there are still many shortcomings in
conveying learning to students, including in the learning process of students who only memorize
a lot of vocabulary or numbers so that many students do not focus on learning because the
learning method is less attractive and causes boredom and boredom towards students. This
activity not only provides theory but also uses applications by direct practice on computers by
presenting 3 lecturers who have computer science fields in the field of information systems. The
results of this activity can increase the knowledge and skills of teachers about making
interactive learning media with the PowerPoint approach.
Keywords : learning, teachers, learning media, training, students


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

S. Sidik and M. F. Syahroni,

“Impelementasi Model Waterfall

pada Media Pembelajaran

Pengenalan Angka dan Huruf

Berbasis Android,” J. Tek.

Komput., 2019, doi:

31294/jtk.v5i2.5215.

S. Supriyono, “Pentingnya Media

Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Minat Belajar Siswa Sd,”

Edustream J. Pendidik. Dasar,

A. R. Hakim and H. Windayana,

“Pengaruh Penggunaan Multimedia

Interaktif Dalam Pembelajaran

Matematika Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa SD,”

EduHumaniora | J. Pendidik.

Dasar Kampus Cibiru, 2016, doi:

17509/eh.v4i2.2827.

A. Muhson, “PENGEMBANGAN

MEDIA PEMBELAJARAN

◼ ISSN: 1978-1520

IJCCS Vol. x, No. x, July 201x : first_page – end_page

BERBASIS TEKNOLOGI

INFORMASI,” J. Pendidik. Akunt.

Indones., 2010, doi:

21831/jpai.v8i2.949.

Ahdar, “Pengembangan Media

Pembelajaran Powerpoint Padu

Musik Terhadap Antusiasme Siswa

Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial,”

J. Din. Penelit. Media Komun. Sos.

Keagamaan, 2018.

A. Jaelani, “PEMBELAJARAN

KOOPERATIF, SEBAGAI

SALAH SATU MODEL

PEMBELAJARAN DI

MADRASAH IBTIDAIYYA

(MI),” Al Ibtida J. Pendidik. Guru

MI, 2015, doi:

24235/al.ibtida.snj.v2i1.189.

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, and

S. Sugiharti, “Pelatihan Pembuatan

Media Grafis Dan Media Papan

Untuk Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran Bagi Guru Sekolah

Dasar,” Abdimas Pedagog., 2017.

N. Nurhidayati, I. Asrori, M.

Ahsanuddin, and M. W. Dariyadi,

“PEMBUATAN MEDIA

PEMBELAJARAN BERBASIS

POWERPOINT DAN

PEMANFAATAN APLIKASI

ANDROID UNTUK GURU

BAHASA AR


Refbacks

  • There are currently no refbacks.