PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF BAGI GURU GURU RA AL-FARIQ
Abstract
Abstrak
Tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat STMIK Royal Kisaran memberikan
kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran pengenalan angka dan huruf bagi guru
guru sekolah RA Al-Fariq Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan untuk
meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan bagi guru guru di sekolah. Hal ini
dilakukan karena masih memiliki banyak kekurangan dalam menyampaikan pembelajaran ke
siswa, antara lain dalam proses belajar siswa yang hanya banyak menghafal kosakata atau
angka sehingga banyak siswa yang tidak fokus untuk belajar di karenakan cara belajarnya
kurang menarik dan menimbulkan rasa bosan dan jenuh terhadap siswa. Kegiatan ini tidak
hanya memberikan teori akan tetapi juga menggunakan aplikasi dengan cara praktek langsung
pada komputer dengan menghadirkan 3 orang dosen yang memiliki bidang ilmu komputer di
bidang sistem informasi. Hasil kegiatan ini dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan
para guru tentang pembuatan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan powerpoint.
Kata kunci: belajar, guru, media pembelajaran, pelatihan, siswa
Abstract
The STMIK Royal Kisaran STMIK community service activity team provided training
activities for making learning media for recognition of numbers and letters for RA Al-Fariq Sei
Silau Timur school teachers, Buntu Pane District, Asahan Regency to increase knowledge and
add insight to teachers in schools. This is done because there are still many shortcomings in
conveying learning to students, including in the learning process of students who only memorize
a lot of vocabulary or numbers so that many students do not focus on learning because the
learning method is less attractive and causes boredom and boredom towards students. This
activity not only provides theory but also uses applications by direct practice on computers by
presenting 3 lecturers who have computer science fields in the field of information systems. The
results of this activity can increase the knowledge and skills of teachers about making
interactive learning media with the PowerPoint approach.
Keywords : learning, teachers, learning media, training, students
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
S. Sidik and M. F. Syahroni,
“Impelementasi Model Waterfall
pada Media Pembelajaran
Pengenalan Angka dan Huruf
Berbasis Android,” J. Tek.
Komput., 2019, doi:
31294/jtk.v5i2.5215.
S. Supriyono, “Pentingnya Media
Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Sd,”
Edustream J. Pendidik. Dasar,
A. R. Hakim and H. Windayana,
“Pengaruh Penggunaan Multimedia
Interaktif Dalam Pembelajaran
Matematika Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa SD,”
EduHumaniora | J. Pendidik.
Dasar Kampus Cibiru, 2016, doi:
17509/eh.v4i2.2827.
A. Muhson, “PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
◼ ISSN: 1978-1520
IJCCS Vol. x, No. x, July 201x : first_page – end_page
BERBASIS TEKNOLOGI
INFORMASI,” J. Pendidik. Akunt.
Indones., 2010, doi:
21831/jpai.v8i2.949.
Ahdar, “Pengembangan Media
Pembelajaran Powerpoint Padu
Musik Terhadap Antusiasme Siswa
Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial,”
J. Din. Penelit. Media Komun. Sos.
Keagamaan, 2018.
A. Jaelani, “PEMBELAJARAN
KOOPERATIF, SEBAGAI
SALAH SATU MODEL
PEMBELAJARAN DI
MADRASAH IBTIDAIYYA
(MI),” Al Ibtida J. Pendidik. Guru
MI, 2015, doi:
24235/al.ibtida.snj.v2i1.189.
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, and
S. Sugiharti, “Pelatihan Pembuatan
Media Grafis Dan Media Papan
Untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran Bagi Guru Sekolah
Dasar,” Abdimas Pedagog., 2017.
N. Nurhidayati, I. Asrori, M.
Ahsanuddin, and M. W. Dariyadi,
“PEMBUATAN MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS
POWERPOINT DAN
PEMANFAATAN APLIKASI
ANDROID UNTUK GURU
BAHASA AR
Refbacks
- There are currently no refbacks.