PKM DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN TEMPE DAN PENINGKATAN DAYA SAING PADA KELOMPOK WANITA TANI RAHAYU BANTUL
Abstract
KWT rahayu merupakan kelompok wanita istri petani di dusun Jurug Desa Bangunharjo Kec. Sewon Kab. Bantul. Salah satu kegiatan produktif uatamanya adalah memproduksi tempe. Permasalahan yang dihadapi adalah permintaan tempe fluktuatif, sehingga beberapa tempe tidak laku. Diperlukan inovasi produk untuk membuat olahan tempe menjadi produk yang inovatif dan pengembangan usaha berkelanjutan. Tujuan dari PKM ini melakukan diversifikasi produk dan peningkatan kapasitas produksi olahan tempe dengan berbagai varian kripik tempe, nugget tempe, egg roll tempe, dan lain – lain. Pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendampingan, peningkatan kapasitas produksi, pengenalan pasar olahan tempe, dan pengenalan pemasaran e-commerce. Hasil yang hendak dicapai dalam program ini adalah meningkatkan jumlah penjualan, produksi dan terciptanya pemasaran olahan tempe KWT Rahayu secara berkelanjutan.
Kata Kunci: tempe, olahan tempe, diversifikasi produk, inovasi produk
Full Text:
PDFReferences
Al Faritsy, A. Z., Nugroho, Y.A., dan Ari Sugiharto, Nugroho, Y.A., 2018, Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Produksi Nugget Tempe KWT Rahayu Bangunharjo, Prosiding Seminar Nasional Unimus, 27 Oktober 2018, Semarang, hal 708 – 713
Krisnawati, Ayda, 2017, Kedelai sebagai Sumber Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan, Vol. 12 No. 1 2017
Picauly, P., Talahatu, J., dan Meitycorfrida Mailoa, 2015, Pengaruh Penambahan Air Pada Pengolahan Susu Kedelai. Agritekno, Volume 4, No. 1, April 2015, ISSN: 2302-9218.
Rachmawati, R., 2011, Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2 (2), 143150.
Yuniarti, Rahmi, Arif Rahman, Dan Moch.Choiri, 2013, Strategi Pemasaran Pada Ukm Keripik Tempe Sanan Malang, Jurnal Teknik Industri, Vol. 14, No. 2, Agustus 2013: 173–183
Refbacks
- There are currently no refbacks.