HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA

Authors

  • Datulina Ginting Universitas Asahan
  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Pada Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Yang menjadi hipotesis penelitian ini adalah Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).Dengan memakai rumus korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi antara variabel X (persepsi siswa terhadap kompetensi guru matematika) dengan variabel Y (hasil belajar matematika yang menggunakan proses PAKEM) sebesar 0,409. Karena rhitung> rtabel adalah 0,409> 0,361 berarti terdapat hubungan yang positif antara variabel X dan Y artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan Hubungan Siswa Terhadap Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika.

 

Kata Kunci ; Kompetensi Guru, Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)

References

Abdurrahman. 2010. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus, Siprijon. 2009. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2008. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian udadministrasi. Bandung: Alfabeta.

Sjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sumarmo, Utari. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: FMIPA-UPA

Winataputra, Udin S. 2005. Pendekatan Ekspositoris. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-12-10