MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PELUANG

Authors

  • Elfira Rahmadani Universitas Asahan
  • Syahriani Sirait Universitas Asahan
  • Anim Anim Universitas Asahan
  • Ely Syafitri Universitas Asahan
  • Vici Virawati Universitas Asahan
  • Uci Pratiwi Universitas Asahan
  • Rini Rini Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya ppengaruh pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII  yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (Kelas VIII-1 dan VIII-2)  yang diambil secara proposive sampling. Pada kelas VIII-1  sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Mind Mapping dan kelas VIII-2 sebagai kelas control dengan pembelajaran ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,085 dan kelas kontrol 68,971. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,295 > ttabel = 1,668, maka Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi peluang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mind Mapping, Peluang, Pemecahan Masalah, Matematika

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Darusman, Rijal. (2014). Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) ntuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.Vol 3, No.2.Halaman 168-269.

Istarani, (2014), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Penerbit Media Persada, Medan.

Mawaddah, S. &Anisah, H. 2015.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 3 No. 2, hlm 166 – 175.

Putria, N.D. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self-Efficacy Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistik.Jurnal Mathematics Pedagogik, FKIP Universitas Asahan.Vol VII No.1 September 2017. Halaman 45

Purba, O.N., Sirait, S. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model LAPS-Heurisstic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematics Pedagogik, FKIP Universitas Asahan.Vol VII No.1 September 2017.Halaman 32-33.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, (2009), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Trianto.2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-11-29