SOSIALISASI 3 DOSA PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK DI DESA RAWANG PASAR IV
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya tiga dosa pendidikan yang mempengaruhi perkembangan karakter anak-anak di Desa Rawang Pasar IV. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah atau menyampaikan materi secara langsung kepada anak-anak di Desa tersebut. Sosialisasi ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter positif pada anak-anak agar masalah seperti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi tidak berkembang. Dari hasil kegiatan ini, diharapkan dengan penanaman nilai tersebut anak-anak yang masih di bawah umur dapat menjadi individu yang peduli terhadap sesama dan menanggulangi perilaku negatif. Selain itu, pihak sekolah dan lingkugan sosial anak termasuk orang tua diharapkan menyediakan ruang khusus bagi anak untuk memberikan pemahaman tentang tata krama berteman, tata krama belajar, serta dampak negatif dari perundungan dan kekerasan seksual. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan 50 anak dari yang belum sekolah, Paud, hingga Sekolah Dasar dengan rentang kelas 1 sampai kelas 5, dan dilaksanakan pada hari Rabu, 02 Oktober 2024 secara tatap muka/ langsung.
Kata kunci: 3 Dosa Pendidikan, Sosialisasi PendidikanReferences
Amir, S., & Hakim, A. (2018). PENCEGAHAN SIKAP INTOLERANSI PADA SISWA MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi Kasus SMA PABA Binjai). 52–62.
Fitri, A., Rahman, S., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Cahyani, M. O., Elyunandri, H. P., Prayitno, T., Latif, A., Elektro, T., Industri, F. T., Hukum, I., Hukum, F., Ekonomi, F., Elektro, T., Industri, F. T., Mesin, T., Industri, F. T., Hukum, I., … Selatan, B. (2020). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. 3(November).
Harahap, T. A., & Rasyid, A. T. (2024). Sosialisasi 3 Dosa Besar Pendidikan Untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMPN 5 Anggeraja. 4(2).
Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. 399–406.
Mindariati, Aunnurrahman, & Halida. (2023). Dampak Perilaku Intoleran terhadap Psikologis dan Karakter Siswa di Jenjang SMA. 06(01), 9564–9572.
Nabila, L., & Nabila, R. P. (2022). Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Media Sosial pada siswa di Sekolah DasarNegeri 88 Pekanbaru. 4, 4218–4224.
Noviana, I. (2015). KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK: DAMPAK DAN PENANGANANNYA CHILD SEXUAL ABUSE: IMPACT AND HENDLING Ivo Noviana. 200, 13–28.
Raflesia, C., & Maharani, T. (2024). Pendampingan Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Untuk Meminimalisir Kasus Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Mekar Jaya. 2(10), 4505–4510.
Sari, P. Y., & Azwar, W. (2019). FENOMENA BULLYING SISWA: STUDI TENTANG MOTIF PERILAKU BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 01 PAINAN, SUMATERA BARAT. 10(November), 333–367.
Septiana, A., & Afifah, L. (2022). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk Pencegahan 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. 1312–1322.
Yunina, D. S., Nissa, N. L. F., Nuzula, F., & Muhammad Amir Hamdan, Ghaitza Muhammad Al Ghozali, M. Mustaqim, M. N. (2023). SOSIALISASI 3 DOSA BESAR DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN BANJAR KEMUNING. 05(02), 1–8.