PENDAMPINGAN PEMBAHARUAN KEMASAN GULA MERAH PADA DESA SILAU MARAJA
Abstract
Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan merupakan salah satu desa yang luas wilayah sebesar 2,432 Ha2 yang terbagi dalam 13 Dusun. Tujuan dari pengabdian ini adalah peningkatan nilai tambah produk gula merah di Desa Silau Maraja dengan pembaharuan kemasan dan pemberian lebel merek untuk meningkatkan pendapatan pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pengabdian ini dilakukan dengan metode Observasi, Edukasi dan Peraktik pada berbagai tahap. Hasil dari latihan pengabdian ini menunjukkan bahwa pendampingan yang cuup baik dalam pengemasan dan pembuatan label merek sangat bermanfaat cukup signifikan. Manfaat positif yang diterima oleh pelaku UMKM Gula Merah di Desa Silau Maraja yaitu dalam menambah kualitas produksi, memasarkan secara luas, dan meningkatkan daya saing di pasar. Dengan pembaharuan Kemasan memungkinkan produk gula merah masuk kedalam pasar modern. Kemasan yang disertai dengan lebel merek menghantarkan produk gula merah Desa Silau Maraja lebih dikenal dipasaran. Pemberian Plank pada rumah Produksi UMKM juga memberikan dampak yang besar. Maka dari itu, diharapkan UMKM gula mera menjadi sektor ungulan di Desa Silau Maraja.
Â
Kata Kunci: Gula Merah, Kemasan, Lebel, Silau Maraja
References
A. Widiati, “PERANAN KEMASAN ( PACKAGING ) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( UMKM ) DI ‘ MAS PACK ’ TERMINAL KEMASAN PONTIANAK,†vol. 8, no. 2, pp. 67–76, 2019.
I. Christiana, L. P. Putri, and R. Ramadani, “PkM Meningkatkan Nilai Jual Gula Aren Melalui Kemasan Yang Menarik,†ABDI SABHA (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 3, pp. 103–108, 2021.
Susi, “PENGARUH KERAGAMAN GULA AREN CETAK TERHADAP KUALITAS GULA AREN KRISTAL (PALM SUGAR) PRODUKSI AGROINDUSTRI KECIL (Effects of Palm Sugar Variety to Quality of Crystal Palm Sugar Produced by Small Agroindustry),†Ziraa’ah, vol. 36, no. 1, pp. 1–11, 2013.
D. D. Arseto et al., “Pendampingan Pengemasan dan Pemberian Label Merek pada UMKM Gula Merah di Desa Paya Lombang,†BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 288–294, 2024.
N. P. Swandewi, I. W. Mudana, and L. P. Sendratari, “Pengetahuan Tradisional Pengolahan Gula Aren Dalam Perspektif Perubahan Sosial Di Desa Pedawa, Buleleng, Bali,†J. Pendidik. Sosiol. Undiksha, vol. 2, no. 2, pp. 105–115, 2020.
U. Gula, M. Di, and D. Ketuan, “Jurnal pengabdian masyarakat desa,†vol. 2, no. November, pp. 122–129, 2023.
I. K. Ayu and S. Desintha, “Perancangan Desain Kemasan Gula Cikeris Sebagai Kuliner Khas Purwakarta,†eProceedings Art …, vol. 6, no. 2, pp. 965–976, 2019.
D. N. Pitasari, M. Lena, and Felycia, “Pendampingan Pemasaran Gula Aren Menggunakan Media Sosial Instagram di Desa Ujung Tebu Kabupaten Serang,†Bantenese J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 60–68, 2021.
R. Sari, “Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Etika Bisnis,†Repo.Unand.Ac.Id, pp. 1–20, 2020.
C. D. Kurnianingtyas, “Optimalisasi Strategi Pemasaran Gula Jawa di UMKM Gula Merah Leugit Padukuhan Kabrokan Kulon,†J. Atma Inovasia, vol. 4, no. 1, pp. 13–16, 2024.