SOSIALISASI PRODUK HIGIENIS DAN PENGEMASAN PRODUK UMKM PADA DIGITAL MARKETING
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ambalutu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memproduksi dan memasarkan produk yang higienis melalui pendekatan digital marketing. Dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial dan platform e-commerce menjadi sangat penting bagi pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. Kegiatan ini mencakup sosialisasi mengenai produk higienis, teknik pengemasan yang menarik, dan pelatihan digital marketing. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta. Para pelaku UMKM berhasil membuat akun di platform digital dan mengembangkan kemasan produk yang memenuhi standar higienis dan estetika. Dengan demikian, produk mereka menjadi lebih menarik bagi konsumen, meningkatkan kepercayaan serta potensi penjualan. Meskipun terdapat tantangan seperti biaya pengadaan bahan kemasan yang berkualitas, pelaku UMKM didorong untuk mencari solusi inovatif dan ramah lingkungan. Maka dapat disimpulkan kegiatan ini berkontribusi pada pengembangan UMKM di Desa Ambalutu, memfasilitasi adaptasi terhadap perubahan pasar dan teknologi yang terus berkembang.
Â
Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, UMKM, Produk Higienis, Digital Marketing, KemasanReferences
Atika, D., Margolang, V. A., & Fadhila, S. (2023). Sosialisasi Program Pengemasan Dan Pemasaran. 3(1), 16–21.
Hayatie, M. N., Gautama, M. S., & Alam Sur, W. A. (2021). Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58–62. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.2366
Ilham, B. U., Firman, A., Dwinanda, G., & ... (2023). Pendampingan Branding Umkm Melalui Pengemasan Dan Strategi Promosi Produk Di Kabupaten Jeneponto. Nobel Community….https://ejurnal.nobel.ac.id/index.php/ncsj/article/view/4408%0Ahttps://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/ncsj/article/download/4408/2425
Kasmiati, Endah, R., & Ardiyanto, F. J. (2023). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Pada Home Industry. ABDINA: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.28944/abdina.v1i2.846
Larissa Diva Nabilah, & Sonja Andarini. (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Inovasi dan Kemasan dalam Penerapan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM di Desa Ngepoh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 67–77. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.174
Rahayu Musfirah, & Ika Korika Swasti. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Untuk Peningkatan Brand Awareness UMKM “Dapoer Kerontang.†ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(3), 34–44. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.399
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Supardin, L., & Sukiyanto, S. (2024). Sosialisasi Digital Marketing dan Packaging Produk. Indonesian Journal of Community Dedication, 2(2), 226–230. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJCD/article/view/402
Yusuf, W. F., Sulhan, M., Aziziyah, N., Syarifah, N., Ulinnuha, M. J., Abas, A., Sari, A. K., Andriyani, K., Mayang, M., & Eryan, M. R. (2024). Pendampingan Inovasi dan Pemasaran Melalui Digital Marketing UMKM Tape Ketan Hitam di Desa Nguling Pasuruan. GUYUB: Journal of Community Engagement, 5(1), 386–403. https://doi.org/10.33650/guyub.v5i1.7586