PEMANFAATAN GADGET SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN POSITIF UNTUK ANAK DI USIA DINI

Authors

  • Paisal Manurung Universitas Asahan
  • Elsa Tiara Wulandari Universitas Asahan
  • Dina Syahmila Wati Nasution Universitas Asahan
  • Devi Aulia Sari Universitas Asahan
  • Adinda Humairo Universitas Asahan
  • Siti Sundari Universitas Asahan
  • Devy Andria Siregar Universitas Asahan
  • Juliana Safitri Sinaga Universitas Asahan
  • Estepani Sitinjak Universitas Asahan
  • Prikasa Melansari Br Purba Universitas Asahan
  • Putria Ningsih Universitas Asahan
  • Winda Agustina Ritonga Universitas Asahan

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan teknologi berupa gawai sebagai sarana pembelajaran positif dengan menggunakan platform Google, Brainly, Youtube, Qanda dan Ruangguru. pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan  menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan beberapa metode yang digunakan untuk menghasilkan artikel ini. Kami menggunakan metode observasi dan wawancara, kemudian terlihat jelas bahwa perangkat memiliki banyak  peran dan manfaat sebagai  pembelajaran  positif bagi anak usia dini. Dengan mewawancarai orang tua dan siswa sekolah dasar, dapat disimpulkan bahwa perangkat dapat membantu  pembelajaran  anak usia dini. Sehingga diharapkan hasil pengabdian kepada masyarakat ini dapat menjadi referensi bagi para orang tua dalam menggunakan gawai.

 

Kata Kunci : Anak usia dini, penggunaan gawai dan peran orang tua

References

Krisnan.06 mei 2021. “7 pengertian metode penelitian kualitatif menurut para ahli†https://meenta.net/pengertian-metode-penelitian-kualitatif/. Diakses pada 25 september 2023

Hastri rosianti, dkk. 2018 “penggunaan gadget sebagai sumber belajar mempengarhui hasil belajar pada mata kuliah matematika dasar†https://jurnal.umj.ac.id. Diakses pada tanggal 21 september 2023

Maiziani fitri, dkk. 29 desember 2020 “pemanfaatan gadget oleh anak usia dini pada era digital native dalam rangka pemerolehan bahasa inggris†https://ejournal.unp.ac.id. Diakses pada 25 september 2023

Yumarni vivi, Desember 2022 “pengaruh gadget pada anak usia diini†https://media.neliti.com. Diakses pada 19 september 2023

Nur Sri Rahayu, Elan & Sima Mulyadi (2021)Analisis Penggunaan Gadget PadaAnak Usia Dini, Jurnal PAUDAgapedia, Vol.5 No. 2 Desember 2021.h.204.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.

Downloads

Published

2023-12-20

Issue

Section

Articles