PEMBUATAN TOGA DAN POJOK LITERASI KKN FKIP UNA DI DESA SEI BELURU

Authors

  • Josmartua Hutajulu Universitas Asahan
  • Rini Fujiwati Universitas Asahan
  • Irtiya Dwi Mukti Universitas Asahan
  • Alfis Syahputri Universitas Asahan
  • Yuli Astika Manurung Universitas Asahan
  • Mira Putri Amsani Universitas Asahan
  • Tria Rizki Fitriani Universitas Asahan

Abstract

Pengabdian merupakan bentuk kegiatan akademik dalam menerapkan imu pengetahuan maupun teknologi. Pengabdian yang dilakukan mahasiswa berupa Kuliah Kerja Nyata. Kuliah Kerja Nyata dilakukan sebagai proses pembelajaran bersama antara Perguruan Tinggi, mahasiswa dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan agar para mahasiswa dapat turun langsung mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat melalui beberapa program yang mereka lakukan selama pengabdian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu mahasiswa KKNT-MBKM Universitas Asahan di Desa Sei Beluru melakukan beberapa program utama dan program tambahan. Program utama yaitu, 1) revitalisasi Toga, 2) membuat Pojok Literasi, dan 3) membuka bimbingan belajar. Dan program tambahan yaitu, 1) sosialisasi ke sekolah di desa Sei Beluru, 2) membantu pelaksanaan sosialisasi BKKBN di desa Sei Beluru, dan 3) Membantu pelaksanaan sosialisasi dan pembagian kartu BPJS. Maka, dengan adanya KKNT-MBKM di desa Sei Beluru dapat terjalinnya silahturahmi mahasiswa KKN dengan para masyarakat. Program dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi para masyarakat.

 

Kata kunci: Kuliah Kerja Nyata, Revitalisasi TOGA, Pojok Literasi

References

Irawan, F. B. (2019). Menyingkap Kualitas Pelayanan Pada Toko Kelontong Aulia Anugerah Pati. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 26–35. https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/B11A/2015/B.111.15.0308/B.111.15.0308-15-File-Komplit-20200323090502.pdf

Liana, K. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Era Digital Program Kerja Pendidikan Kkn-Tematik. Comunitaria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 2797–5029. http://jurnal.una.ac.id/index.php/comunitaria

Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 2, p. 9). https://media.neliti.com/media/publications/100164-ID-wawancara-sebuah-interaksi-komunikasi-da.pdf

Shofiyuddin, M., Tuzzakiyah, F., Barokah, K. F., Rindiani, D. A., Failasifa, G. S., Rifqia, R. N., & Zulfahmi, M. N. (2021). Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Purnama Desa Gemulung Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 3(2), 58–63. https://doi.org/10.20885/jamali.vol3.iss2.art2

Sondak, S. H. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 671–680.

Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882

Downloads

Published

2022-12-15

Issue

Section

Articles