PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • SABAR RUDI SITOMPUL Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1388

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar  Siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif  kwantitatif karena jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kwantitatif. Subjek penelitian adalah siswa siswi kls VIII SMP Purbatua  Kabupaten Tapanuli Utara tahun ajaran 2017-2018, yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, interviu, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment, uji spilt half, dan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji-t, diperoleh hasil  yakni  3.875 > 2.021 pada taraf signifikansi 0,05, dimana t-hitung bernilai 3,875 melampaui nilai t-tabel 2,021, dengan taraf signifikansi 0,05.  Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa guru PAK berperan secara signifikan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Secara parsial, besarnya peran guru PAK dalam meningkatkan motivasi dan pretasi belajar siswa sebesar 25,70 % sedangkan 74,30 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain (intervenning variable).

 

Kata Kunci : Peran guru, Pendidikan agama Kristen (PAK), Motivasi belajar, Prestasi

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010

Antoni, Yan. Katekisasi Komprehensif Tanya Jawab Sekitar Agama Kristen. Malang:

Gandum Mas, 1986

Arikunto, S. Prosedur Penelitian. Jakaarta: PT. Rineka Cipta, 2016

Berkhof, Louis and Cornelius. Foundation of Christian Education. Surabaya: Momentum Ltd,

Boehkleh, R. Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek PAK. Jakarta; BPK Gunung

Mulia, 2016

Suryobroto,B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. Metodologi Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2014

Downloads

Published

2020-08-12