PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LUWAK WHITE KOFFIE (Studi Kasus Pada Warga Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu)

Authors

  • Hardiansyah Hardiansyah Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan
  • Heri Prasuhanda Manurung Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1125

Abstract

Hasil penelitian menunjukan bahwa label halal, kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,484, sedangkan nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 95%  (α = 0,05) sebesar 2,70. Hal ini berarti nilai Fhitung  > Ftabel (15,484 > 2,70) dan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05). Dan secara parsial label halal, berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (4,394) > ttabel (1,986) dan  nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  > ttabel (2,633) > ttabel (1,986) dan nilai sig. 0,010 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  (2,140) > ttabel (1,986) dan nilai sig. 0,035 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha.

Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 31,4% variabel label halal, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya 68,6% dijelaskan oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dan tidak dimasukkan ke dalam model regresi.

 

Kata Kunci : Label halal, kualitas produk, harga dan keputusan pembelian.

Downloads

Published

2020-02-28