Perancangan E-Commerce UMKM Interior Design Berbasis Website Pada Furniture Jati Jaya

Authors

  • Sujono Sujono ISB Atma Luhur
  • Laurentinus Laurentinus ISB Atma Luhur

Abstract

Perancangan e-commerce UMKM Interior Design berbasis website pada Furniture Jati Jaya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar. Furniture Jati Jaya, yang dikenal dengan produk furniture berbahan dasar jati berkualitas tinggi, menghadapi tantangan untuk tetap kompetitif di era digital. Platform e-commerce ini dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam memilih, memesan, dan membeli produk furniture secara online, serta meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan melalui fitur-fitur seperti katalog produk lengkap, deskripsi detail, keranjang, dan sistem pembayaran yang aman. Penelitian ini mencakup analisis kebutuhan pengguna, desain antarmuka yang user-friendly, perancangan sistem menggunakan UML usecase diagram, activity diagram, dan class diagram dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL diimplementasikan menjadi teknologi web e-commerce. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat membantu Furniture Jati Jaya dalam memperkuat brand image mereka dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Dengan adanya platform e-commerce ini, UMKM dapat lebih efektif menjangkau konsumen di berbagai lokasi, meningkatkan visibilitas produk, dan bersaing di pasar yang lebih luas.

References

N. Audria and R. L. Batu, “PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE LAZADA,†Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, vol. 17, no. 1, 2022, doi: 10.32534/jv.v17i1.2571.

D. Darmawan, “PENGARUH PROMOSI, ULASAN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PEMILIHAN TOKO ONLINE,†Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382.

I. Ratna and H. Nasrah, “Analisis Perbandingan Tingkat Kesetiaan Pelanggan Pada Toko Online dan Toko Konvensional Jenis Produk Pakaian,†Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), vol. 3, no. 3, 2022.

M. Susilo, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,†InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

C. Wang et al., “An empirical evaluation of technology acceptance model for Artificial Intelligence in E-commerce,†Heliyon, vol. 9, no. 8, 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e18349.

N. Chawla and B. Kumar, “E-Commerce and Consumer Protection in India: The Emerging Trend,†Journal of Business Ethics, 2021, doi: 10.1007/s10551-021-04884-3.

H. H. M. Altarturi, A. R. M. Nor, N. I. Jaafar, and N. B. Anuar, “A bibliometric and content analysis of technological advancement applications in agricultural e-commerce,†Electronic Commerce Research, 2023, doi: 10.1007/s10660-023-09670-z.

R. Rahayu and J. Day, “E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia,†Eurasian Business Review, vol. 7, no. 1, 2017, doi: 10.1007/s40821-016-0044-6.

D. Tolstoy, E. R. Nordman, and U. Vu, “The indirect effect of online marketing capabilities on the international performance of e-commerce SMEs,†International Business Review, vol. 31, no. 3, 2022, doi: 10.1016/j.ibusrev.2021.101946.

Downloads

Additional Files

Published

2024-06-30

Issue

Section

ARTICLES