Pembuatan Aplikasi Interaktif Matematika Bangun Datar dengan Memanfaatkan Blogger, MathLive, dan JavaScript
DOI:
https://doi.org/10.36294/jurti.v8i1.3732Keywords:
Aplikasi Interaktif Matematika, Blogger, MathLive, JavaScriptAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi interaktif matematika yang berfokus pada pembelajaran bangun datar dengan memanfaatkan platform Blogger, MathLive, dan JavaScript. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat efektif sebagai solusi inovatif untuk membantu siswa memahami dan menguasai konsep-konsep bangun datar secara lebih interaktif, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini juga menjelaskan proses pengembangan aplikasi dan metode evaluasi untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bangun datar. Keunikan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan berbagai soal yang berbeda setiap kali digunakan. Variabel-variabel dalam rumus diacak secara sempurna, sehingga setiap siswa akan mendapatkan soal yang unik. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menguji kemampuan mereka dalam menghitung luas persegi panjang dengan berbagai angka, sehingga mereka dapat lebih memahami konsep luas pada rumus persegi panjang tersebut dengan lebih baik.References
Abdulkareem, S. A., & Abboud, A. J. (2021, February). Evaluating python, c++, javascript and java programming languages based on software complexity calculator (halstead metrics). In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1076, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.
Da Costa, M. Z. L., Rochmawati, L., & Nurfadhilah, S. (2022). Pengembangan Aviation Listening Comprehension Dengan Pemanfaatan Website Untuk Meningkatkan Kemampuan Listening Air Traffic Controller. In Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) (Vol. 6, No. 1).
Humairo, W., Asrovy, M. R., Fatimah, S., Apripa, M., Kapitang, S., Ari, A. A., & Viratama, I. P. (2023). Pentingnya Teknologi Dalam Rangka Menuju Inovasi Pendidikan. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(2), 161-171.
Jakovac, D. (2022). Web aplikacija za numeriÄko rjeÅ¡avanje nekih odreÄ‘enih integrala (Doctoral dissertation, Josip Juraj Strossmayer University of Osijek. Faculty of Electrical Engineering, Computer Science and Information Technology Osijek).
Kusuma, F. S. D. (2022). Aktivis Greenpeace Terhadap Deforestasi Di Blogosphere Indonesia. Paradigma, 11(1).
Nurohman, D. A. (2021). Konten Kreator: Cara Kreatif Menghasilkan Uang dengan Menjadi Blogger, Youtuber atau Tiktoker. Indonesia 8.
Puspita, W., Nst, S. A., Saragih, A. K., & Nurbaiti, N. (2023). Analisis Penggunaan Software Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus: SMP IT Jabal Noor Medan). Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 136-146.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.
Rhomdani, R. W., & Rahayu, L. D. (2022). Pengembangan Website Paud Terpadu Aisyiyah Kaliwates Jember Menggunakan Blogger dan Bootstrap. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 12-19.
Rohman, A. (2023). Mudahnya Membuat Web e-Learning Berbasis Web dan Android. Elex Media Komputindo.
Rhomdani, R. W., & Ningtyas, Y. D. W. K. (2021). Aplikasi modulo berpangkat ab mod n menggunakan pola barisan dan teorema Euler berbasis web. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 499-506.
Rhomdani, R. W. (2022). Algoritma Modulo Berpangkat Menggunakan Teorema Binomial Newton Dan Phi Euler Dengan Javascript. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 403-410.
Soiffer, N. (2018, June). The benetech math editor: an inclusive multistep math editor for solving problems. In International Conference on Computers Helping People with Special Needs (pp. 565-572). Cham: Springer International Publishing.
Yerlekar, P. A. (2021). Fake News Detection using Machine Learning Approach Multinomial Naive Bayes Classifier. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 1304-1308.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Â
Â
Â
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Owner : SK