PENGARUH PELATIHAN, KOMPETENSI, PENGHARGAAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN ASAHAN
DOI:
https://doi.org/10.36294/jse.v2i2.2484Abstract
Abstrak
Hasil penelitihan menunjukkan bahwa Pelatihan, Kompetensi, Penghargaan dan Disiplin Kerja secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Hasil Uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,191, sedangkan nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) sebesar 2,51. Hal ini berarti bahwa nilai Fhitung > Ftabel (13,191 > 2,51) dan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05). Dan secara parsial variabel pelatihan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung > ttabel (2,251 > 1,996) dan nilai sig. 0,028 < 0,05. Maka menolak H0 dan merima H2.Variabel kompetensi berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung > t tabel (2,131> 1,996) dan nilai sig. 0,037 < 0,05. Maka menolak H0 dan merima H2. Variabel penghargaan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung > t tabel (2,820 > 1,996) dan nilai sig. 0,006 < 0,05 dan Variabel Disiplin Kerja berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung > t tabel (2,353> 1,996) dan nilai sig. 0,022 < 0,05, maka menolak H0 dan merima H2.. Hasil uji koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,448. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 44,8% variabel Pelatihan, Kompetensi, Penghargaan dan Disiplin Kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Sedangkan sisanya 55,2% dijelaskan oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dan tidak dimasukkan ke dalam model regresi.
Â
Kata Kunci: Pelatihan, Kompetensi, Penghargaan, Disiplin Kerja, Prestasi Kerja Pegawai
Â