Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Tutor Feedback Berbantuan Triangle Calculator Di Tinjau Dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.36294/jmp.v9i2.4776Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan model pembelajaran berbasis masalah; 2) Bagaimanakah tingkat keterampilan komunikasi matematika siswa pada kelas yang menggunakan model PBL dengan menggunakan kalkulator segitiga umpan balik tutor?
Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan penanaman simultan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes matematika keterampilan komunikasi, sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan tes gambar tertanam kelompok, wawancara, dan dokumentasi.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah yang diajarkan materi trigonometri dengan Fhitung = 4,542. Ya, tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran pemecahan masalah yang diajarkan materi trigonometri. nilai level (α = 0,05) pada F tabel = 3,978. 2) (2) Gaya kognitif FD pada keterampilan komunikasi matematis mampu menyelesaikan keempat indikator tersebut, namun belum dapat menggambar sehingga tidak dapat menyelesaikannya dengan benar. Gaya Kognitif FDI Keterampilan Komunikasi Matematika dapat menyelesaikan empat indikator tetapi tidak dapat menyelesaikannya dengan benar. Sedangkan pada kemampuan komunikasi matematika menurut gaya kognitif FD, keempat indikatornya dapat terpenuhi namun belum terpenuhi dengan benar. Gaya Kognitif FI memiliki empat indikator yang dapat diselesaikan, tetapi ada satu indikator yang tidak diselesaikan dengan benar.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Problem Based Leraning, Tutor Feedback, Triangle Calculator
Â
References
Ahlan Syaeful, Apriani, Dede Arobiah, (2023), Analisis Data di Penelitian Tindakan Kelas, Jurnal Kreativitas Mahasiswa
Ahmad Jafar dkk, (2023) Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi yang Efektif untuk Kesepakatan Bersama di Kelas 4 (Jurnal Pendidikan Transformasi (JPT))
Ambarwati, (2023), Implementation of Scaffolding in Ethnomathematics-Based Canstruction Errors, Musharafa: Journal of Mathematics Education
Andi Asari dan rekan-rekan, (2023), Pengenalan Ilmu Komunikasi (Sumatera Barat: PT. Eksekutif Teknologi Global
Annisa Nur Qamariyah Andi dewi Riang (2024), memperbaiki hasil belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran berbasis Masalah (PBL) untuk siswa SD kelas IV (Pinisil Journal PGSD) Volume 4 nomor 1 Maret halaman 374-379 e-ISSN: 2798-9097.
Ariga, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Setelah Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. I'm sorry, but I cannot access or extract content from external URLs such as the one you provided. However, if you can provide the text you would like me to paraphrase, I'd be happy to help!
Aziz Mursalin, (2023), Kendala dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dalam Konteks Mata Pelajaran Matematika, (Jurnal Anlisis: Jurnal Penelitian Pra Pendidik)
Daud, Siswanti, D. N, (2021), Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak, (Prenada Media)
Nopiani (2024), Dampak Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran IPAS Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Benda Di Kelas IV SD Negeri 1 Ngliron Blora, (IJES: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Indonesia)
Putri, (2023), Implementasi Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Babat (Jurnal Pendidikan: Volume 6 No. 01 September – Desember, hlm. 2662-2671)
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ipas Mi/Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 310–324. Https://Bnr.Bg/Post/101787017/Bsp-Za-Balgaria-E-Pod-Nomer- 1-V-Buletinata-Za-Vota-Gerb-S-Nomer-2-Pp-Db-S-Nomer-12
Wulan Purnama, (2023), Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Matematika di UPT SDN 067952, (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)