ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWI KELAS XI PADA TOPIK PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Authors

  • Nadya Armayani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Putri Zakiah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sri Devi Wahyuni Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ramadhani Ramadhani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3171

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah anak didik pada konsep trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas XI IPS MA AL ITTADIYAH di Kota Medan dengan sebanyak 21 anak didik. Data yang di peroleh melalui tes tertulis terhadap siswa. Tes tertulis berupa 4 buah soal yang sudah mendapatkan validasi oleh Dosen Trigonomeri. Wawancara yang diberikan berupa tanya jawab secara langsung kepada siswa-siswi. Data yang di peroleh melalui hasil tes tertulis, yaitu Hasil data yang di analisis menggunakan persentase dari hasil jawaban tes soal siswa. Hasil penelitian menunjukkan yang berkemampuan tinggi sebanyak 50,5% dengan hasil yang sesuai standart jawaban soal, 23,82% siswa dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan karena kurang teliti dan terlalu tergesa-gesa pada saat mengerjakan soal, dan 23,68% siswa dengan kemampuan rendah karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap rumus-rumus pada materi trigonometri sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang di berikan.

References

Tunnajach, N. F., & Gunawan, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 7-14.

Sari, Y. P., Kamid, K., & Rusdi, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Terhadap Pembelajaran Trigonometri Secara Online Berbantuan Android Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 58-68.

Shofiah S, Lukito A, Yuli T, Siswono E. (2018) Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano J Mat Kreat, 9(1):54-62.

Nurmeidina R, Lazwardi A, Nugroho AG. (2021) Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA J Progr Stud Pendidik Mat, 10(1):15.

Hitalessy M, Mataheru W, Ayal CS. (2020) Representasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis, Linguistik Dan Visual Spasial. J Magister Pendidik Mat, 2(1):1-15.

Saputra R, Rosita CD, Maharani A. (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Trigonometri. J Cendekia JPendidik Mat, 4(2):857-869.

Setiana NP, Fitriani N, Amelia R. (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPMI (JurnalPembelajaran Mat Inov, 4(4):899-910.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Herizal, H., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 017-024.

Ningsih, A. A., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 6-13.

Afdila, N. F., & Manaf, A. (2022, February). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas XI. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 28-35).

Indrahapsari, B., Sujatmiko, P., & Chrisnawati, H. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 3(5), 483-490.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 1-16.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123-132.

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent pada pokok bahasan trigonometri kelas x SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-110.

Kaliky, S. & Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Kepa, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda Neira. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 72-85.

Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 547-558.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran LAPS-heuristik. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 62-68.

Kamauko, N. M., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Efektivitas Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Trigonometri. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 163-178.

Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50-64.

Priatna, N., Avip, B., & Sari, R. M. M. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 151-161.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas X SMAN 1 Balai Riam Pada Materi Trigonometri Menggunakan Model Jigsaw. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 182-191.

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

Articles