Analisis Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Limit Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2381Abstract
This study aims to determine the process of thinking Pseudo reasoning covariance happens to students in problem solving functions limit. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of the 5 students of class TPH XI SMK-PP Negeri Kutacane . Data collection methods in this study include: test question sheets and interview sheets. The results showed that there were three types of pseudo- covariate reasoning, namely: (1) Pseudo-wrong thinking students in solving function limit problems occur in low, medium, and high ability students; (2) Students' pseudo-true thinking in solving function limit problems occurs in students with moderate abilities; and (3) Students' pseudo conceptual thinking in solving function limit problems occurs in students with moderate abilities.
Â
Keywords: Pseudo, covariate reasoning, Functions Limit
Â
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir Pseudo penalaran kovariasi yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas TPH XI SMK-PP Negeri Kutacane. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: lembar soal tes dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan ada tiga jenis bepikir pseudo penalaran kovariasi yaitu: (1) Berpikir pseudo-salah siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi; (2) Berpikir pseudo-benar siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan sedang; dan (3) Berpikir pseudo-konseptual siswa dalam menyelesaiakan masalah limit fungsi terjadi pada siswa berkemampuan sedang.
Â
Kata kunci: berpikir Pseudo, penalaran Kovariasi, Limit Fungsi
References
Arifin, M. Y., Kirana, T., &Widodo, W. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Siswa Kelas VI Berbantuan Media Buku Pop Up. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2(1): 6-14.
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. MES (Journal Of Mathematics Education And Science). 3(1): 47-54.
Rahmasantika, D., & Prahmana, R. C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Siswa. Journal Of Honai Math. 1(2): 81-92.
Subanji. (2011). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: Universitas Negeri Malang.
Umah, U., As’ari, A. R., & Sulandra, I. (2016). Struktur Argumentasi Penalaran Kovariasional Siswa Kelas Viiib Mtsn 1 Kediri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1): 1-12.