PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN DIRECT INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.156Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Sampel penelitian sebanyak 56 orang. Hasil belajar matematika materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh rata-rata 7,5 sedangkan hasil belajar matematika materi SPLDV dengan menggunakan direct instruction diperoleh rata-rata 69,82. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “thitung†= 2,82, sedangkan taraf α = 0,05 dan dk = 54 maka nilai “ttabel†1,673. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,82 > 1,673 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan direct instruction di kelas X SMA Negeri 8 padangsidimpuan.
Â
Kata kunci:Â sistem persamaan linear dua variabel, student teams achievement division, Â direct instruction
Â
References
Evilina, D. 2010. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Semarang: CV. Ghyyas Putra.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Prasetyono, D.S., dkk, 2008. Panduan Pelajaran Matematika 1. Baguntapan Jogjakarta: Diva Press.
Riaedy, I., dkk, 2013. Rangkuman Materi & Soal Latihan Matematika SMA/MA. Jakarta: PT. Grasindo.
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembang-kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: