KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS ASAHAN

Authors

  • Eva Margaretha Saragih Universitas Asahan, Jl. Jend Ahmad Yani Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis mahasiswa fakultas keguruan ilmu pendidikan matematika melalui tes potensi akademik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Matematika UNA, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 3 kelas, teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, sehingga sampel yang diuji berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Selanjutnya, terlebih dahulu di uji validitas soal, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari pengujian diperoleh bahwa soal yang akan di ujikan sudah valid dan sampel berasal dari populasi yang memiliki varians dan berdistribusi normal. Hasil penelitian kemampuan matematis mahasiswa fakultas keguruan ilmu pendidikan matematika  melalui tes potensi akademik dikatagorikan Baik.

 

Kata kunci: matematis, pendidikan matematika

 

Author Biography

  • Eva Margaretha Saragih, Universitas Asahan, Jl. Jend Ahmad Yani Kisaran
    Pendidikan Matematika

References

Abdurrahman. 2009. Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar –Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bimbingan Test Medica. 2012. Kumpulan soal – soal psikotes SNMPTN 2012. www.btbsmedica.ac.id

Http://wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-analitis-sistematis-logis-kritis/

Kumpulan soal soal TPA (www.soaltpa.net)

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawarti. 2012. Metode Statistika. Kisaran: Ayah Bunda f3

Uno, H.B. 2008. Perencanan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, D.P. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif: Teori yang Mendasari dan Prakteknya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 1-10

Downloads

Published

2017-11-25