UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL BUZZ

Authors

  • Sari Cipta Dewi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.149

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Buzz Group dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dan dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa. Subjek penelitiannya siswa XI-AK yang berjumlah 33 siswa. Nilai rata-rata hasil observasi keaktifan siswa siklus I, II, dan II sebesar 1.7, 2.7, dan 3.8. Ketuntasan belajar tes awal sebesar 15.15%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model Buzz Group, terjadi peningkatan pada tes kemampuan belajar siswa siklus I, II dan II sebesar 24.24%, 36.36%, dan 96.97%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Buzz Group materi Barisan dan Deret Geometri dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: keaktifan belajar, kemampuan belajar, model buzz group

 

Author Biography

  • Sari Cipta Dewi, Universitas Negeri Medan

    Pendidikan Matematika PPs

References

Natawijaya, R. 2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas

Sardiman, A.S. 2001. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production

Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-11-25