PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN CERITA RAKYAT

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Asahan
  • Heni Subagiharti Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.651

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyatâ€Legenda Danau Toba†pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian the randomized posttest only experiment and control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X TKJ 5 dan X TKJ 6) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X TKJ 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode bermain peran (role playing)dan pada kelas X TKJ 6 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperolehnilai dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,00 dan pada taraf signifikan 1%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,65. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat â€Legenda Danau Toba†pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hutomo, S. 2009. Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniasih, I, dan Sani, B. 2016. RagamPengembangan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena.

Priadi, A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahmisyah. 2017. Cerita Dari Simalungun Sumatra Utara. Jakarta: Bintang Indonesia.

Sudjana. 2005. Metoda Penelitian. Bandung: Tarsito

Sudijono, A. 2005.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherli. 2016. Bahasa Indonesia/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum Pembelajaran. Yogyakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-10-02