PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA MERANTI TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share berbantuan video animasi terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI di SMA Swasta Meranti. Fokus utama penelitian mencakup efektivitas model tersebut, peran media video animasi dalam mendukung pembelajaran menulis secara kolaboratif, serta hambatan yang dihadapi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest only control design. Sampel diambil secara acak dari lima kelas menggunakan teknik simple random sampling, dan dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan data dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata, standar deviasi, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai menulis siswa pada kelas eksperimen adalah 85,13, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 70,41. Data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan nilai t_hitung sebesar 133,81 lebih besar dari t_tabel 2,38, sehingga terdapat pengaruh signifikan penggunaan video animasi dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Meranti, Jl. Besar Manti, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.
Kata Kunci: Think-Pair-Share, video animasi, keterampilan menulis