PENGARUH BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Ruang Di SMP Negeri 1 Setia Janji Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian The Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas VII-2 dan VII-4) yang diambil secara random sampling. Pada kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan Cabri 3D dan pada kelas VII-4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil nilai rata-rata dikelas eksprimen dan dari kelas kontrol . Hasil uji-t di peroleh yaitu maka ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Spasial Siswa SMP Negeri 1 Setia Janji.