ANALISIS PENERAPAN MODEL RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang penerapan metode RME berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematik dengan menggunakan metode kualitatf. Sumber data dalam penelitian ini melalui penelitian terhadap siswa MTs. S Al – Washliyah KS.Bestari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model RME berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs. S Al – Washliyah KS.Bestari menunjukkan dari sebanyak 25 siswa diperoleh sebanyak 21 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematik “tinggi”, 2 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematik “sedang”, dan 2 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematik “rendah”. Sehingga didapatlah tingkat kemampuan pemahaman konsep matematik dikelas VIII – 1 MTs. S Al – Washliyah adalah 80% termasuk kategori baik.