PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN EDUCANDY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Maya Sari Universitas Asahan
  • Dewi Astuti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Educandy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Di kelas VII MTS Al-Washliyah 63 Punggulan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di MTS Al-Washliyah 63 Punggulan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas VII-A dan VII-B) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas VII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Brain Based Learing (BBL) dengan Educandy dan pada kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 85,98 dan kelas kontrol 69,82. Hasil uji t diperoleh  maka  diterima yang mana terdapat pengarh Model Brain Based Learning (BBL) berbantuan Educandy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di kelas VII Mts Al-Washliyah 63 Punggulan.

References

Astuti, D., & Syafitri, E. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 kelas x di sma negeri 1 Air Joman. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 127-132.

Acesta, A., Sumantri, M. S., & Fahrurrozi, F. (2020). Developing multiple intelligence-based natural science learning module to improve elementary school students’ higher order thinking skills. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 3(2).

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsi, N. F., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 307-312.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529-535.

Downloads

Published

2025-07-27

Issue

Section

Articles