PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • rani situmorang universitas asahan
  • Anil Hakim Syofra

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning  untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan aplikasi GeoGebra dalam materi lingkaran. Jenis riset kuantitatif dengan cara quasi penelitian dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan  kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, srtiap kelas berjumlah 30 peserta didik dengan memakai metode purposive sampling. Instrument yang diambil merupakan posttest kemampuan berpikir kritis siswa dengan memakai uji . Hasil uji homogenitas diperoleh dan  karena  maka  diterima. Hasil penelitian dengan menggunakan uji diperoleh nilai sig  adalah  dan , maka  sehingga  ditolak dan  diterima yang artinya Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan aplikasi Geogebra kelas VIII UPTD SMPN 2 Silau Laut.

 

Kata Kunci :Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Geogebra

 

Abstrak

This research aims to determine the effect of the discovery learning discovery larning model to improving students’ critical thinking skills with the help of the geogebra application in circle material. This type of quantitative research uses quasi research with a pretes-posttest control group design research one. The samples taken are VIIIth-1 Class as the experimental Class and VIIIth-2 Class as the control class.Each class consists of 30 students using the purposive sampling method. The instrument taken was a posttest of students’ critical thinking abilities using the t test. The homogeneity test results obtained _count = 1,120 and f_tabel = 1,1861,because f_count < f_tabel then H_0 is accepted. The results of research using the t test obtained a sig value of , namely t_count = 17,365 and t_tabel 1,671, then t_count>t_tabel so thet H_I is rejected and H_0 is accepted, which means that there is an influence of the Discovery Learning Learning model on students’ critical thinking skills with the help of the classroom geogebra application at VIIIth Class students of UPTD SMPN 2 SilauLaut.                                                                                                                      

Keywords : Discovery learning, Students’ Critical Thinking Ability, Geogebra

References

Anjarwati, D., Juandi, D., Nurlaelah, E., & Hasanah, A. (2022). Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan BerpikiStudi Meta-Analisis: Pengaruh Model r Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2417–2427. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1506

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Arisna, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kecerdasan Visual Spasial pada Siswa SMP. 1–182.

Azmi, M. P., Salam, A., Studi, P., Matematika, P., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Matematis pada Materi Segi Empat Kemampuan Komunikasi. 3(3), 181–192.

Bilkisda, I. Z., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 193–198. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Biya, S. A., Isa, I., & Laliyo, L. A. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1), 23–28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK

Dadang Suhada. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu Dadang. Journal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. EduFisika, 5(02), 131–139. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10533

Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Metakognisi Siswa. aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5918

Juarsyah, Erfan Ramadhani, & Arief Kuswidyanarko. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ips Sd Negeri 81 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1302–1315. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1446

Kalibagor, S. M. P. N. (2021). Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor Analysis of Objective and Subjective Test Questions for Reading Understanding Skills on 7. 8(1), 99–109. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Miladiah, A., Liyana, D., Kriswandari, R., & ... (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Berbasis Otak. … Matematika (SNPM), 48–54. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/845%0Ahttp://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/download/845/418

Muliana, G. (2021). MATH LOCUS : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar Analysis of Thinking Ability Mathematics Class X Students on Logarithm. 2(1), 15–22.

Nafisah, D., & Wahyuningsih, U. (2023). Efektifitas Pembelajaran Langsung pada Mata Pelajaran Produktif Tata Busana. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3498.

Rahmawati, S., Syofra, H., & Saragih, R. D. (2022). Efektivitas Media Google Meet Sebagai Pembelajaran Kelas Virtual dengan bantuan Software GeoGebra terhadap Kemampuan Spasial pada pokok bahasan Ruang Dimensi Tiga di Kelas XII SMA Negeri 1 Air Batu T.A 2020/2021. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11078

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Situmorang, A. S. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Ix Smp Negeri 15 Medan Pada Materi Lingkaran. Sepren, 4(02), 210–218. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1159

Solihah, B., Hadi, W. P., Qomaria, N., Tamam, B., & Rakhmawan, A. (2023). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 6(1), 26–34. https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.19160

Son, A. L., Timor, U., & Masalah, K. P. (2019). Instrumentasi kemampuan pemecahan masalah matematis: analisis reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. 10(1), 41–52.

Sukardi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bulu Tangkis melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 20–26. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.134

Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 103–113. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2294

Zakaria Hamzah, Z., & Awaliyah, S. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Pendekatan Metode Economic Value Added (EVA) Pada PT. Blue Bird Tbk Periode 2014-2018. Economicus, 14(2), 145–156. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i2.193

Downloads

Published

2025-01-04