PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME BERBANTUAN APLIKASI WIZER.ME DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan aplikasi Wizer.me di SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D dengan tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan dan penyabaran. Namun penilitian ini, hanya sampai pada tahap pengembangan. Penelitian dilatar belakangi oleh penggunaan LKS yang masih monoton karena kurangnya soal yang mampu mendorong kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah dan minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi yang dilihat dari 3 validator mencapai persentase 93,78% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik. Angket respon pendidik menunjukkan persentase akhir 92,50% oleh 1 responden dan angket respon peserta didik menunjukkan persentase akhir 90,45% oleh 31 responden dengan kategori sangat praktis. Adapun hasil keefektifan dapat dilihat dari ketuntasan 28 dari 31 peserta didik pada tes kemampuan pemecahan masalah mencapai presentase 90,32% dengan kategori sangat efektif. Sebagaimana hasil penelitian disimpulkan LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Ajizah, I., (2021), Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1):25–36.
Aprilia, A., dan Fitriana, D. N., (2022), Ind ex, Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan, 1(2): 28–40.
Fitriyana, dan Purwasi, N. L. A., (2020), Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning, 2507(February): 1–9.
Kamila, O. R. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematis Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Ma’rif Ambulu Jember., Skripsi, FTIK Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., dan Romli, S., (2022), Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju, Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1) : 53.
Pridatunapisah, D., Purwaningsih, D., dan Ardani, A., (2022), Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Pangebatan, Dialektika P.Matematika, 9(1) : 581–593.
Simanjuntak, M. A., Rezeki, A., Nurhayati, M., dan Marnala, S., (2022), Penggunaan Wizer.Me Sebagai Media Untuk Merangsang Motivasi Siswa Dalam Menulis Teks Deskriptif Di SMA Swasta HKBP Doloksanggul, 6(3) : 5197–5208.
Supriadi, M., dan Hignasari, L. V., (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar, KOMIK (Konferensi NasionaTeknologi Informasi Dan Komputer), 3(1) : 578–581.