PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU WEB LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Liza Safrina
  • Ely Syafitri

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI MA Swasta Al-Washliyah Teluk Nibung Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling sehingga sampel penelitian ada 2 kelas  (kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2). Pada kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 39,39 sedangkan kelas kontrol 36,41. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen 85,27 sedangkan kelas kontrol 80,75. Hasil uji T diperoleh thitung = 2,7827 > ttabel = 1,9977. H1 diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan Problem Based Learning berbantu aplikasi Liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Aryanto, G. P., Dwiyanti, E., Fauzi, M. R., & ... (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Luring Terhadap Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Cibarusah. Diskusi Panel …, 2022, 111–116.

Jaya, I. (2022). Penerapan Statistik untuk penelitian pendidikan. Prenada Media.

Khasanah, B. A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. 282.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Nina Wulan, N. F., Adin Fauzi, & Sripit Widiastuti. (2023). Pengembangan Game Edukasi Math Hero’s Adventure Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.56630/mes.v2i1.163

Nurhayati, N., Zuhra, F., & Salehha, O. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp73-78

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

State, T. (2023). Pisa 2022. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4307(3), 320–325. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Downloads

Published

2025-07-26

Issue

Section

Articles