STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BISNIS BAGI UMKM KERUPUK DESA SUKADAMAI
Abstract
Digital marketing adalah suatu model pemasaran maupun promosi sebuah produk atau merek yang dilakukan menggunakan media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam penggunaannya dengan tujuan untuk menarik minat pelanggan dan masyarakat luas. Dari hasil observasi yang dilakukan diketahui dimana mitra UMKM ini tidak dapat memanfaatkan fasilitas media internet dalam mengembangkan usahanya karena minim nya pengetahuan mengenai digital marketing. Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terutama pelaku UMKM, perlu dilakukan wawancara terlebih dahulu dengan pemilik usaha UMKM kerupuk Desa Sukadamai untuk mengetahui cara mitra dalam memasarkan produknya. Informasi yang didapat dari wawancara tersebut mencakup pada penggunaan teknologi dan informasi dalam kegiatan operasional usaha, penggunaan sosial media atau platform e-commerce sebagai strategi pemasaran dan hambatan hambatan yang dialami pemilik usaha. Dalam sosialisasi  ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan pada pemilik usaha dalam memanfaatkan sarana media internet untuk mempromosikan produk yang telah dihasilkan. Pada kegiatan ini para pelaku UMKM dikenalkan promosi melalui media online sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan penjualan, membangun branding produk, serta menjalin hubungan dengan pelanggan. Digital marketing menjadi langkah penting bagi pelaku UMKM di Desa Sukadamai dalam era digital ini.Dengan menggunakan banyak platform seperti media sosial,google maps,dan website dalam membantu mempromosikan produk memberikan banyak keuntungan bagi UMKM tersebut. Dengan Strategi yang matang, pelaku UMKM Desa Sukadamai dapat mengembangkan kapasitas bisnis dan mencapai titik keberhasilan dalam promosi di media internet  ini.
Â
Kata Kunci : Digital Marketing, Maps, UMKM, Website, Media SosialReferences
M. Stiadi, D. Herlinudinkhaji, Y. Dwi, P. Ariyanti, and N. Erwanti, “PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM TRAINING THE UTILIZATION OF DIGITAL MARKETING IN MARKETING DEVELOPMENT FOR SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES ( SMEs ),†BAKTI BANUA J. Pengabdi. Kpd. Masy. Vol., vol. 2, no. 1, pp. 8–11, 2021.
N. Nuraisyah, D. Haryono, and ..., “Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan …,†Publ. Ilm. …, vol. 2, pp. 63–78, 2023, [Online]. Available: https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKEMAS/article/view/1285%0Ahttps://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKEMAS/article/download/1285/780
R. Anugrah et al., “Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,†Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 740–746, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i2.4702.
M. R. Fahdia, I. Kurniawati, F. Amsury, Heriyanto, and I. Saputra, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur,†Abdiformatika J. Pengabdi. Masy. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 34–39, 2022, doi: 10.25008/abdiformatika.v2i1.147.
W. C. Teguh Pratama, S. Barokah, and S. Ramlah, “Sosialisasi Penggunaan Digital Marketing sebagai Media Promosi Pada UMKM Dapur Arum di Kabupaten Banyumas,†J. Pengabdi. West Sci., vol. 2, no. 11, pp. 1137–1143, 2023, doi: 10.58812/jpws.v2i11.766.
Mardiani, “Strategi Digital Marketing Pkm Untuk Menumbuh Kembangkan Usaha UMKM,†… J. J. …, vol. 5, no. 1, pp. 1257–1262, 2024, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25010%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/25010/17573
R. U. A. Fauzi, D. C. A. Kadi, G. K. S. Ernanda, P. Triwidya, and S. Adhelia, “Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun,†Indones. Berdaya, vol. 2, no. 1, pp. 21–30, 2021, doi: 10.47679/ib.202176.
W. O. Rayyani, M. N. Abdi, E. Winarsi, and Warda, “Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi,†Dedik. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 97–105, 2020, [Online]. Available: http://www.jurnalpertanianumpar.com/index.php/jdm/article/view/537
R. A. Aminullah, D. H. Mubarrok, and A. Abdussalam, “Pengembangan UMKM di Era Globalisasi : Laporan Pengabdian Masyarakat di Desa Dayeuhluhur-Ciamis,†vol. 3, no. 2, 2023.
R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,†J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.