Penyuluhan Dampak Kecanduan Game Online di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Meureubo Meulaboh Kab Aceh Barat

Authors

  • Anita Tiara1, Abul A’la Tarigan2, Mustika Dewi Pane3

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi dan penggunaan internet, khususnya melalui perangkat telepon seluler, telah menyebabkan peningkatan popularitas game online di kalangan remaja. Meskipun game tersebut merupakan hiburan, kecanduan seringkali memiliki efek negatif pada perilaku, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa/siswi di SMA NEGERI 1 Meureubo betapa bahayanya pengaruh dari game online. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan cara melibatkan siswa/siswi melalui ceramah, diskusi interaktif, dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang efek kecanduan game online. Kesimpulan: game online yang dapat dimainkan melalui internet, memiliki efek positif seperti hiburan dan mengurangi stres Dilain sisi juga terdapat efek negatifnya seperti pengaruh buruk terhadap perilaku sosial yang lebih dominan. Oleh karena itu, orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah harus berperan aktif untuk mencegah kecanduan game online. Saran: siswa/siswi diharapkan dapat mengatur waktu mereka dengan baik agar mereka tidak terjebak dalam game online. Orang tua, guru, dan petugas kesehatan harus membantu dan memberi tahu remaja tentang efek negatif game online terhadap kesehatan dan kehidupan mereka. Kata kunci: game online, kecanduan, remaja, penyuluhan

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game

online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program,

(1).

Ahmadin, A., Muhammad, A., Rizkia, K., Latifah, U., & Sanjaya, M. (2022,

October). MODIFIKASI PERILAKU TERHADAP ANAK UNTUK MENGATASI

IJCCS ISSN: 1978-1520 â—¼

Title of manuscript is short and clear, implies research results (First Author)

KECANDUAN GAME ONLINE, KAMPUNG BOJONG, RENGAS. In Prosiding

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

BPS. (2021). Statistik telekomunikasi Indonesia. Diakses dari

https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec1

b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html

Fitria, L., & Karneli, Y. (2019). Cognitive Bias Modification Therapy untuk

Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Al-Fatih, 2(2), 261-268.

Oktaviani, T. (2021). Hubungan kecanduan bermain game online pada

smartphone (mobile online games) terhadap kelelahan mata pada

remaja. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

https://repository.upi.edu/68415/

Pelawi, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Psikologi Remaja.

SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 87-101.

Ramdani, N. (2018). Skripsi: Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar

Siswa Kelas VI SDN Bawakareng 1 Kota Makasar. Universitas

Muhammadiyah Makasar.

Susanti, M., Fitri, N., & Arjuna, A. (2023). HUBUNGAN KECANDUAN GAME

ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR, KONSENTRASI BELAJAR DAN

PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 SUNGAISELAN KABUPATEN

BANGKA TENGAH TAHUN 2022. Jurnal Keperawatan, 12(1), 40-47.

Susanti, S., Budiman, I. A., & Mahpudin, M. (2021, October). Systematic

Literatur Review: Dampak Game Online Terhadap Etika Dan Perilaku

Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 634-641).

Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere,

(1)

Downloads

Published

2024-02-01

Issue

Section

Articles