Penyuluhan Dampak Kecanduan Game Online di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Meureubo Meulaboh Kab Aceh Barat
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi dan penggunaan internet, khususnya melalui perangkat telepon seluler, telah menyebabkan peningkatan popularitas game online di kalangan remaja. Meskipun game tersebut merupakan hiburan, kecanduan seringkali memiliki efek negatif pada perilaku, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa/siswi di SMA NEGERI 1 Meureubo betapa bahayanya pengaruh dari game online. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan cara melibatkan siswa/siswi melalui ceramah, diskusi interaktif, dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang efek kecanduan game online. Kesimpulan: game online yang dapat dimainkan melalui internet, memiliki efek positif seperti hiburan dan mengurangi stres Dilain sisi juga terdapat efek negatifnya seperti pengaruh buruk terhadap perilaku sosial yang lebih dominan. Oleh karena itu, orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah harus berperan aktif untuk mencegah kecanduan game online. Saran: siswa/siswi diharapkan dapat mengatur waktu mereka dengan baik agar mereka tidak terjebak dalam game online. Orang tua, guru, dan petugas kesehatan harus membantu dan memberi tahu remaja tentang efek negatif game online terhadap kesehatan dan kehidupan mereka. Kata kunci: game online, kecanduan, remaja, penyuluhanReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game
online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program,
(1).
Ahmadin, A., Muhammad, A., Rizkia, K., Latifah, U., & Sanjaya, M. (2022,
October). MODIFIKASI PERILAKU TERHADAP ANAK UNTUK MENGATASI
IJCCS ISSN: 1978-1520 â—¼
Title of manuscript is short and clear, implies research results (First Author)
KECANDUAN GAME ONLINE, KAMPUNG BOJONG, RENGAS. In Prosiding
Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
BPS. (2021). Statistik telekomunikasi Indonesia. Diakses dari
https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec1
b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
Fitria, L., & Karneli, Y. (2019). Cognitive Bias Modification Therapy untuk
Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Al-Fatih, 2(2), 261-268.
Oktaviani, T. (2021). Hubungan kecanduan bermain game online pada
smartphone (mobile online games) terhadap kelelahan mata pada
remaja. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.
https://repository.upi.edu/68415/
Pelawi, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Psikologi Remaja.
SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 87-101.
Ramdani, N. (2018). Skripsi: Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar
Siswa Kelas VI SDN Bawakareng 1 Kota Makasar. Universitas
Muhammadiyah Makasar.
Susanti, M., Fitri, N., & Arjuna, A. (2023). HUBUNGAN KECANDUAN GAME
ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR, KONSENTRASI BELAJAR DAN
PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 SUNGAISELAN KABUPATEN
BANGKA TENGAH TAHUN 2022. Jurnal Keperawatan, 12(1), 40-47.
Susanti, S., Budiman, I. A., & Mahpudin, M. (2021, October). Systematic
Literatur Review: Dampak Game Online Terhadap Etika Dan Perilaku
Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 634-641).
Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere,
(1)