PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS CONCEPTUAL CHANGE

Febriani Hastini Nasution, Dedes Asriani Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa melalui penggunaan bahan ajar fisika berbasis conceptual change.Metode pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development(R&D)yang mengacu pada teori pengembangan bahan ajar yang dikemukakan oleh Sugiyono. Penelitian ini menggunakan penelitian terbatas dimana ada tiga tahap yang dilakukan yaitu tahap studi pendahuluan, tahap studi pengembangan terbatas, dan tahap evaluasi. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI MIAMAN 1 Padangsidimpuan T.A 2019/2020 berjumlah 263 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 yang berjumlah 32 orang. Metode pengambilan sampel adalahcluster random sampling. Pemahaman konsep fisika siswa dianalisis melalui tujuh indikator yaitu menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, membandingkan, menyimpulkan, dan menjelaskan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Nilai rata-rata gain ternormalisasi (<g>) pemahaman konsep fisika siswa menggunakan bahan ajar fisika berbasis conceptual changeadalah 0,68 dan berada pada kategori “sedang”; (2) Nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa menggunakan bahan ajar fisika berbasis conceptual change per indikator diperoleh 61,46 untuk indikator “menafsirkan” dan berada pada kategori “cukup baik”, 94,79 untuk indikator “mencontohkan” dan berada pada kategori “sangat baik”, 93,75 untuk indikator “mengklasifikasikan” dan berada pada kategori “sangat baik”, 62,71 untuk indikator “merangkum” dan berada pada kategori “cukup baik”, 86,67 untuk indikator” membandingkan” dan berada pada kategori “sangat baik”, 70,94 untuk indikator “menyimpulkan” dan berada pada kategori “baik”, dan 77,29 untuk indikator “menjelaskan” dan berada pada kategori “baik”. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep fisika siswa menggunakan bahan ajar fisika berbasis conceptual change.

Kata kunci: Pemahaman Konsep Fisika Siswa, Bahan Ajar Fisika Berbasis Conceptual Change


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.