BUDAYA RIMPU DALAM PERILAKU KONSUMEN SUKU MBOJO DI PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

Sri Ernawati, Mulyadin Mulyadin

Abstract


Budaya adalah simbol dan fakta yang kompleks yang diciptakan oleh manusia" diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada. Peneliti tertarik meneliti tentang Fenomena Budaya Rimpu berpengaruh terhadap  Perilaku Konsumen pada masyarakat suku Mbojo di Nusa Tenggara Barat. Penelitian dilakukan di Suku Mbojo yang meliputi tiga pemerintahan daerah yaitu Pemerintah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, dengan objek penelitian adalah Masyarakat suku Mbojo yang membeli sarung khas Bima untuk digunakan sebagai Rimpu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (a) Qusioner, (b) Observasi, (c) Study pustaka. Pengukuran Varibel Penelitian penggunaan skala liker dengan menyebarkan Qusioner pada 100 orang, dimana qusioner akan di uji validitas dan reliabelitasnya kemudian diolah dengan SPSS 20. Analisis data menggunakan Regresi Linear berganda..Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Budaya (X1) mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen Suku Mbojo di Propinsi Nusa tenggara Barat, Variabel Sub Budaya (X2) mempunyai pengaruh terhadap Perilaku Konsumen Suku Mbojo di Propinsi Nusa Tenggara Barat, Variabel Kelas Sosial ( X3) mempunyai pengaruh terhadap Perilaku Konsumen Suku Mbojo di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Secara Simultan variable Budaya (X1), Sub Budaya (X2) dan Kelas Sosial (X3) berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen Suku Mbojo di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Kata Kunci : Rimpu, Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial dan Perilaku Konsumen


Full Text:

PDF

References


Bahari, Faisal & Ashoer Muhammad, 2018. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5, No. 1, (Januari-Juni): 69-78

Dwicahyo, Adiarni & Najamuddin. 2016, Pengaruh Konsep Produk, Budaya Konsumsi, dan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Produk Kebab (Studi Kasus: Kebab Turki XXX).Jurnal Teknologi dan Manajemen AgroindustriVol 6 No.1 pp. 8-14

Faisol Akhmad & Hening Widi Oetomo, 2016.Pengaruh Budaya, Harga dan Lokasi Terhadap Minat Belanja Konsumen Di Pasar Soponyono. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 2

Fathawati, Moh. Hufron & Afi Rahmat Slamet, 2017. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek “Mie Sedaap.e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma website : www.fe.unisma.ac.id (email : e.jrm.feunisma@gmail.com)

Febriani Nufian Susanti. 2017, Faktor Kebudayaan Pendorong Munculnya Loyalitas Pada Konsumen Kuliner Kota Kediri Jawa Timur. Jurnal Studi Komunikasi Vol. 1 No. 3

Kataknew, 2018, Syantik, Festival Rimpu Bima Dompu memukau warga Jakarta.diakses 25 Mei 2018 dari http://www.kataknews.com/2018/07/festival-rimpu-bima-dompu-memukau.html

Kussudyarsana.2008, Budaya dan Pemasaran Dalam Tinjauan Pengaruh Budaya Terhadap Perilaku Konsumen.Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 12 No.2

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing manajemen, Edisi 15, Penerbit Pearson Education 2016

Ilham, Hermawati. 2018 Pengaruh Faktor Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pemilihan Pakaian Di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur . DINAMIS- Journal of Islamic Management And Bussines Vol. 1 No. 1

Mariani Shoshana Giantara, Jesslyn Santoso, 2014. Pengaruh Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Perilaku Keputusan Pembelian Kue Tradisional Oleh Mahasiswa Di Surabaya. Jurnal Hospitality dan manajemen jasa Vol. 2 No. 1

Paramitha, Catra Tiara. 2015. Minat Konsumen dalam Pemilihan Tata Rias Pengantin Tradisional dan Modifikasi di Salon Kemuning Purwokerto.. e- Journal. Volume 04 Nomer 02, Edisi Yudisium Periode Juni 2015, hal 16-21

Pratiwi Indah ketut & Mandala Kastawan. 2015, Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, psikologis, dan Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique Di Kuta .E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4 No. 11.

Rahadhini, Desman marjam & Wibowo Edi (2018) Analisis Pengaruh Faktor Penentu Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Tengkleng Di Surakarta. Seminar Nasional dan Call for paper Sustainable Competitive advance (SCA)8

Ria Dwi Nugraheni, 2018. Pengaruh Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah Di Perum Perumnas Cabang Mojokerto Lokasi Madiun). Jurnal ilmiah ekonomi dan pembelajaran Vol. 6 No. 1

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistik, Bandung:Alfabeta

Saputri, Eka Marheni, 2016. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia .Jurnal Sosioteknologi | Vol. 15, No 2.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. 2013, Consumer Behavior.8thedition.NewJersy:Prentice Hall

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyowati , Eny , 2013. Motivasi dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Industri Kerajinan Kulit Di Yogyakarta. Jurnal MAKSIPRENEUR, Vol. II, No. 2, Juni 2013, [17 – 26] .

Sunarto, 2018.Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Jurnal Moneter Vol. V No. 1

Suharto. 2016, Pengaruh Budaya terhadap keputusan pembelian menggunakan variable sosial dan pribadi sebagai mediasi produk air minum kemasan (studi empiris pada PT. Gloz di Lampung Timur). Jurnal Derivatif Vol. 10 No. 1.

Sumarwan, Ujang, 2015 Perilaku Konsumen., Teori dan Penerapannya Dalam PemasaranEdisikedua. Cetakanketiga, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Suprayitno, Rochaeni & Purnomowati, 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan) Jurnal Agribisnis, Vol. 9, No. 2, Desember 2015, [ 177 - 214 ]

Syolihan Maratun, 2015. Budaya Rimpu Suku Mbojo. NTB,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.