UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWAMENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ALAT PERAGA KLINOMETER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pendekatan matematika realistik berbantuan alat peraga klinometer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Asahan dengan memilih satu kelas yaitu kelas X IPA-3 dengan jumlah siswa 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan kepada siswa, kemudian dicari persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Pada siklus I diperoleh 61,11%. Maka dilanjutkan dengan siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 88,89%. Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada trigonometri di kelas X MAN Asahan dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik dengan bantuan alat peraga klinometer. Dimana peningkatan diperoleh setelah dilakukan siklus II sebesar 27,78 %.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Matematika Realistik, Alat Peraga Klinometer
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Hasratuddin. (2002). Pembelajaran Matematika Unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SLTP 6 Medan. Surabaya: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika.
Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suherman, S. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (coomon textbook). Bandung : JICA – Universitas Pendidikan Indonesia.
Wijaya. A (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.