HUBUNGAN PEMAHAMAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA DAERAH AIR JOMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Nila Sudarti, Eva Mizkat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemahaman kosa kata terhadap kemampuan menulis teks pidato. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Daerah Air Joman. Objek dalam  penelitian ini adalah siswaSMA Swasta Daerah Air Jomankelas XI sebanyak 105 orang. Pelaksanaan penelitian  ini dilaksanakan  pada bulan Februari 2019 sampai Mei 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan berupa penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa informasi tentang pembelajaran menulis teks pidato. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan metode dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi product moment diperoleh rxy = 0,46 apabila dibandingkan dengan kritik rtabel = 0,361. Hasil perhitungan ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Dengan demikian, semangkin tinggi kemampuan pemahaman kosakata, maka semakin tinggi pengaruh terhadap kemampuan menulis teks pidato. Sebaliknya, apabila siswa tidak memiliki kemampuan pemahaman kosakata yang baik, maka semakin rendah hasil menulis pidato.

 

Kata kunci: Pemahaman Kosa Kata, Menulis Teks Pidato


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademia Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barus, Sedia Willing. 2004. Petunjuk Teknik Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolingustik. Jakarta: Rineka Jaya.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadinegoro, Luqman. 2003. Teknik Seni Berpidato Mutakhir dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Absolut.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marahimin, Ismail. 2014. Menulis Secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Mulyoutomo, Isa, M. 2011. Rapet Bindo. Jakarta: Limas.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Retorika Modern. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tantawi, Isma. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Medan: Cipta pustaka Media Perintis.

Tarigan. Guntur, H. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

________. 1997. Pengajaran Kosakata . Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.