PENINGKATAN KEMAMPUAN SASTRA INGGRIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SEMESTER IV MELALUI MATERI INTRODUCTION TO ENGLISH LITERATURE TAHUN 2018/2019

Paisal Manurung, Sari Inda Lestari

Abstract


Penelitian  ini merupakan hasil dari proses belajar dan mengajar di kelas semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang telah dilakukan pada beberapa bulan terakhir ini. Penelitian ini telah menyajikan beberapa materi kesusastraan yang sesuai dengan kurikulum pengajaran danpembelajaran di Universitas Asahan. Materi ini menyajikan antara lain pengertian drama, novel, puisi, storytelling dan beberapa karya sastra Inggris klasi seperti Bewolt, Romoe and Juliet, The King Lear. Metode yang digunakan dalam penyajian materi ini dilakukan secara terstruktur dan sistematiks, yaitu: pengenalan materi, penyajian materi, dan penutup. Pengajian materi meliputi 1) Pengenalan materi meliputi: penjelasan secara umum, defenisi, jenis, dan karakterisktik. 2) Penyajian materi meliputi: pemberian bahan ajar, penjelasan materi, diskusi, tanya jawab. 3) Penutup meliputi: penarikan kesimpulan, dan pemberian tugas. Kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas IV-C. Hal ini disebabkan kelas tersebut memiliki pemikiran yang mendalam tentang sastra secara pengetahuan dasar, kemudian kelas tersebut mempunyai banyak pengalaman disebabkan semua mahasiswa telah bekerja.Pendekatan yang dialukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran atau mixed approach. Adapun kegiatan penelitian dilakukan dengan dua putaran siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang menggunakan pendekatan mixed approach ini menunjukkan hasil peningkatan yang baik. Data menunjukkan pada tes uji I adalah rata nilai mahasiswa kelas IV-C adalah 64,7, dan sedangkan pada tes uji II menunjukkan rata-rata nilai mahasiswa 74,2. Sehingga, jika dibandingkan pada data uji I dan uji II sebesar 9,5 persen. Sedangkan hasil data pada persentase uji tes I adalah 12,9 dan sedangkan pada tes uji II adalah 22,2. Sehingga, selisih persentase uji I dan Uji II dalam persentasenya adalah 9,3 persen. Jika dilihat dari kategori kompetensi maka, 50% memiliki kompeten, kurang kompeten sebesar 27,8%, tidak kompeten sebesar 16, 2 % tidak kompetene 11,1 %.

 

Kata kunci: peningkatan, pembelajaran, sastra, pendekatan.


Full Text:

PDF

References


Achmadi dan Supriyanto. (1990). Faktor-faktor yang mepengaruhi prestasi belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Combs. Arthur. W. (1984). The profesional education of teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasasi. Banjarmasin.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. (1999). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. (1998). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manurung, Paisal. Literature’s Competence in University. Kisaran: Gema Ihsani.

Nur, Moh. (2001). Pemotivasian siswa untuk belajar. Surabaya. UniversityPress. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Rustiyah, N.K. 1(991). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, (1988). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soetomo. (1993). Dasar-dasar interaksi belajar mengajar. Surabaya:UsahaNasional.

Usman, Uzer. (2001). Menjadiguruprofesional. Bandung: RemajaRosdakarya.

http://www.gradesaver.com/author/william-shakeaspere.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.