ANALISIS MATERI AJAR KIMIA SMA TELADAN TANAH JAWA DENGAN PERMASALAHANNYA TAHUN AJARAN 2016-2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi ajar kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diajarkan guru kepada siswa dengan melihat kurikulum, silabus, dan penerapan belajar kimia di sekolah menengah atas dalam proses pembelajaran, serta permasalahan-permasalahan yang terdapat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Teladan Tanah Jawa. Dalam perkembangannya kesesuaian bahan ajar ini sangat mempengaruhi kualitas dari hasil belajar siswa. Penelitan ini telah dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Teladan Tanah Jawapada Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat deskriptif. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Teladan Tanah Jawa kelas X yang berjumlah 10 orang dari total 14 orang siswa. Dalam pelaksanaan kegiatan ini penulis melakukan penelitian yang langsung bersumber dari siswa, dan guru bidang studi kimia SMA Teladan Tanah Jawa. Penulis juga membagikan angket dan mengumpulkan perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk mendukung kelengkapan data.
Kata kunci: materi ajar kimia, permasalahan pembelajaran, kurikulum
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Fitri, (2018), Pengembangan Penuntun Praktikum SMA yang Inovatif dan Interaktif Terintegrasi Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) Pada Materi Kimia Unsur, Jurnal Dialog UNA.
Departemen Pendidikan Nasional, (2014), Kerangkan Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, http://bsnp-indonesia.org/,diakses tanggal 11 Sepetember 2014.
Dimyati dan Mudjiono, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.
Hartoyo, Indra (2010), Pengintegrasian Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, http://digilib.unimed.ac.id/pengintegrasian-pilarpilar-pendidikan-karakter-dalam-proses-pembelajaran-di-perguruan-tinggi-23465.html ,diakses tanggal 11 September 2014.
Lee, A.D., Green, B.N., Johnson, C.D., and Nyquist, J., (2010), How to Write a Scholarly Book Review for Publication in a Peer-Reviewed Journal a Review of the Literature, The Journal of Chiropractic Education, 24(1): 57-59.
Mickell, T.S and Danner, B.S, (2007), Virtual Labs in The Online Biology Course : Student Perceptions of Effectiveness and Usability, Merlot Journal of Online Learning and Teaching 3(2):88-89.
Suharta, (2013), Pendidikan Karakter Yang Terintegrasi Dalam Perkuliahan Kimia Lingkungan Di Universitas Negeri Medan, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 5 Edisi 1 April. Medan : FMIPA UNIMED.
Sunyono., (2009), Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung, Jurnal Pendidikan MIPA, 01-12.
Tarigan, Simson, (2014), Buku Materi Ajar Strategi Belajar Mengajar Kimia, Medan : PPS UNIMED.
Wahyuna, Sri, (2011), Analisis Materi Ajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Pada Pembelajaran Kimia Dengan Permasalahannya Di SMK Farmasi Apipsu Medan, http://yuna-saragih.blogspot.com/ ,diakses tanggal 11 Sepetember 2014.
Zakiah., (2015), Pengembangan Penuntun Praktikum Tipe Discovery dan Project Based Learning pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA, Jurnal Pendidikan Kimia, 7(11): 70-79.
Refbacks
- There are currently no refbacks.