PENGGUNAAN POP UP SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

Yen Aryni, Anim Anim

Abstract


Penerapan Pop Up Scrapbook pada pembelajaran Bahasa Inggris di UPTD SDN 014672
semakin meningkatkan kemampuan siswa dalam menambah kosakata atau vocabulary dalam Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan Pop Up Scrapbook sebagai media pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk menambah kosakata atau vocabulary. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Pop Up Scrapbook dalam meningkatkan kosakata atau vocabulary dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penilaian, pengetahuan siswa mengalami peningkatan pada tiap metode selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil analisis juga menunjukkan adanya peningkatan kosakata yang dimiliki oleh siswa karena siswa merasa senang dengan metode pembelajaran Pop Up Scrapbook yang diberikan oleh guru. Penggunaan metode pembelajaran Pop Up Scrapbook besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Siswa terlihat bersemangat pada kegiatan belajar kelompok dengan metode pembelajaran Pop Up Scrapbook.

Kata kunci; Implementasi, Pop Up Scapbook, Vocabulary


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Rapor Pendidikan Publik. Jakarta.

Mujib, Muhamad & Setyawan, Agung. 2022. Increasing the Reading Interest of Panohan Elementary School Students by using the Reading Challenge Method. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. Vol. 1 No. 1, 348-358

A National Literacy Trust research report. 2020. Reading challenges: How to design and run them to make them work.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.