STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA SUBUR KECAMATAN AIR JOMAN

Aris Siregar, Hilmiatus Sahla, Zulfa Khairina Batubara, Sustika Winda Anggraini, Melyana Br. Barus, Eko Anuary Sitorus

Abstract


Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah suatu usaha yang berperan dalam pembangunan dan perekonomian nasional, saat ini perkembangannya sangat pesat. Peranan Usaha  dirasakan begitu penting karena sektor ini tidak hanya sebagai sumber mata pencaharian, tetapi juga menyediakan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat dengan tingkat pengetahuan dan keterampilannya yang rendah. Peran Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga berkaitan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi kemiskinan dan pemerataan pendapatan. Sejalan dengan perkembangannya dengan banyak bermunculan pelaku usaha memicu persaingan usaha, dengan adanya persaingan-persaingan dari berbagai Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), maka sangat diperlukan strategi pemasaran, salah satu strategi pemasaran yang mendukung dalam memasarkan produk  penggunaan  Strategi Marketing Mix. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bertujuan  untuk memberikan pengetahuan tentang penyusunan rencana strategi Marketing Mix bagi pelaku Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa Subur kecamatan Air Joman.

 

Kata kunci : Marketing Mix, UMKM, Pelaku Usaha


Full Text:

PDF

References


Dewi Jayanti Mandasari, dkk. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, Vol. 13, No. 1. Hal: 123-129 DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10432.

Fawa’id, M, W. (2022). Optimasi Strategi Marketing Mix untuk Meningkatkan Omzet UMKM CV. Putra Tanjung Nganjuk, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (1). 8-10.

Hendrayani, Eka, dkk. (2021). Manajemen Pasar (Dasar & Konsep). Bandung: Media Sains Indonesia.

Herlina, dkk. (2019). Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Pengembangan Usaha UD. Mete Mubaraq Lombe Kota Kendari. Jurnal BUSINESS UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2, No.2, hal:209-220.

Iston Dwija Utama. (2019), Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Bandung. Jurnal Equilibrium, Vol. 7, No. 1. hal 1-10.

Sakur. (2011). Kajian Faktor-Faktor yang Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah : Studi Kasus di Kota Surakarta. Spirit Publik , 7 (2), 85-110.

Viona Ayudhia dan W. Hidayat. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Enting-Enting Gepuk Di Kota Salatiga), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.6, No. 3, hal. 407-417.

Yonge L.V. Sihombing, H. T. (2017). Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah Dan Desa Di Tengah Globalisasi Dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Medan, Sumatera Utara: CV. Purtan Perkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.