POLA PIKIR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PERMAINAN EDUKASI PUZZLE MATH

Elfira Rahmadani, Lis Supiatman, Nur Aisyah Fazzariah, Putri Wulandari, Cahyani Aprilia, M. Rifaldi Lubis

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak permainan edukatif Puzzle Math terhadap pola pikir matematika siswa. Pada tanggal 18 November 2023 khusus di UPTD. SD Negeri 014672 Tanjung Alam, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga fase berbeda. Tahapan-tahapan tersebut diatas terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan praktik. Melalui pengumpulan data dari serangkaian kegiatan, termasuk penggunaan angket, observasi, dan eksperimen. Siswa yang secara aktif terlibat dan secara konsisten menggunakan permainan ini cenderung menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman konsep-konsep matematika serta kemampuan mereka dalam mengidentifikasi pola-pola matematika. Hasil dari angket yang dilakukan menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa terhadap permainan Puzzle Math. Seluruh siswa sebanyak 21 siswa (100%) menyatakan tingkat kesenangan yang tinggi saat bermain permainan ini. Mereka memberikan penilaian yang sangat positif terhadap pengalaman mereka, dengan menyatakan bahwa permainan tersebut sangat menyenangkan dan menarik bagi mereka. Sebanyak 20 siswa (95,24%) siswa menyatakan bahwa melalui pengalaman bermain permainan ini, mereka mampu memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Sebanyak 18 siswa (85,71%) yang sebelumnya mungkin merasa kurang antusias terhadap matematika, kini merasa lebih termotivasi untuk belajar.

 

Kata kunci: pola pikir; matematika; permainan edukasi; puzzle math

Full Text:

PDF

References


Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12397

Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 11–26.

Tri Kurnia, V., & Tika Damayani, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.