PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 2 KISARAN

Wan Nurul Atikah Nasution, Rafika Muspita Sari

Abstract


Pengabdian ini berjudul “Pemanfaatan Aplikasi CANVA dalam Merancang Media Pembelajaran sebagai Inovasi Pembelajaran di SMK Negeri 2 Kisaran”. Pengabdian ini dilakukan oleh tim dosen program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiambeserta mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kisaran. Adapun yang mengikuti kegiatan ini adalah guru-guru di SMK Negeri 2 Kisaran sehingga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih inovatif dengan memanfaatkan aplikasi komputer berupa aplikasi CANVA. Pengadian ini menggunakan metode tutorial (pelatihan) dalam bentuk workshop. Tahapan dalam kegiatan ini adalah 1) Ceramah; 2) Diskusi; 3) Praktek. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Pemahaman guru tentang media pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi Canva; 2) Menghasilkan media pembelajaran berbasis digital dengan aplikasi Canva sesuai dengan bidang studi Pelajaran; 3) Implementasi pelaksanaan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis digital dengan aplikasi Canva; 4) serta peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran berbasis digital.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Canva, Media Inovatif

Full Text:

PDF

References


Boholano, H.B. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Leaning Skill. Journal of Research in Pedagogy, 7(1), pp 21-29

Cucinotta, D., dan Vanelli, M. (2020). WHO Declares Covid-19 a Pandemic. Acta Biomed, 91(1), 157-160.

Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. (Online). http://openjournal.unpam.ac.id/ind ex.php/Sasindo/article/view/8354/ 5361

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Rokhayani, A., Ririn, A., & Utari, P. (2014). The Use of Comic Strips As an English Teaching Media for Junior High School Students. Language Circle. Journal of Language and Literature, 8(2), 143–149.

Sholeh, Muhammad. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. (Online) https://journal.ummat.ac.id/index.p hp/jpmb/article/view/2983

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, Vol. 7(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.